KETUA RW I DESA KADILAJO TERPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KETUA RW I DESA KADILAJO TERPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT

KETUA RW I DESA KADILAJO TERPILIH SECARA MUSYAWARAH MUFAKAT

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 07 Desember 2014 | 20.44








  Susanto terpilih menjadi ketua RW I secara musyawarah dan mufakat  ( 7/12 )


Karangnongko  ~  Ketidakberdayaan kepengurusan Rukun Warga (RW) I desa Kadilajo sejatinya sudah dirasakan warga sekitar dua tahun silam.’Kematian ‘ itu ditengarai diantaranya tidak adanya aktifitas pertemuan rutin baik internal pengurus maupun pengurus dengan warga,demikian penuturan Giarno salah satu ketua RT kepada klaten info.

 Disusul ketua dan wakilnya mengundurkan diri ,bahkan tidak terasa masa bakti  kepengurusan lama berakhir pada 8 Oktober 2014 sehingga membuat kian limbungnya organisasi masyarakat  mitra pemerintah desa itu.

Mengingat penting dan strategisnya keberadaan ormas ini dalam memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan ,serta membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintah dalam pembangunan dan kemasyarakatan .

Juga dalam rangka menyongsong diberlakukannya UU nomor 6/2014 tentang Desa tahun depan, maka warga sangat merindukan sosok ketua beserta kepengurusan yang baru.

Reorganisasi yang diwacanakan senantiasa menemui jalan buntu ketika akan ada eksekusi ,hal ini menyebabkan munculnya berbagai spekulasi warga bahwa sepertinya menjadi jurus mengulur waktu karena diduga ada sesuatu yang sengaja ditutup-tutupi terkait dengan pengelolaan keuangan RW yang kurang transparan, demikian komentar salah satu warga kepada klaten info.

Akhirnya dengan difasilitasi tokoh masyarakat sebut saja Doni yang melek peraturan perundang-undangan tentang seluk beluk lembaga kemasyarakatan maka Minggu malam ( 7/12) digelar rapat  dengan mengundang semua ketua RT dengan staf , pengurus RW lama , unsur pemuda  dan tokoh masyarakat di rumah Agus Sumedi kadus I Kadilajo. 

Konsep sementara pemilihan ketua RW yang direncanakan dengan model coblosan akhirnya dibatalkan dan diganti  cara musyawarah dan mufakat sesuai Permedagri  nomor 5/2007 tentang  Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan ,kalau  berdasar aturan sah dengan cara mudah dan murah kenapa harus dibuat susah dan inefisiensi sumberdaya dalam memilih ketua,demikian penegasan sang fasilitator yang sarat pengalaman dalam penyusunan kelembagaan pemerintah daerah.

Kendati melewati jalan diskusi dan musyawarah cukup alot , utamanya mencari kesediaan sosok untuk menjadi calon ketua RW yang tidak mudah ,maka jelang pukul 22.30 WIB ada kesediaan Susanto salah satu warga untuk mengemban amanah ketua RW ,dengan demikian Susantolah yang setujui secara aklamasi oleh forum.

Dan kepada Susanto segera diminta menyusun draft personal guna mengisi kepengurusan RW I periode tahun 2014 -2019 ,untuk dibahas kemudian diusulkan kepada kepala desa guna proses lebih lanjut yakni penetapan dengan surat keputusan.

Fasilitator berharap penyerahan surat keputusan penetapan kepengurusan RW I oleh kades dilaksanakan pada malam tahun baru 2015 di bangsal Pokdakan Tirto Amarto dilanjutkan sukuran dan tirakatan sambut warsa baru .

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info