LOKET PELAYANAN FARMASI RSST KLATEN PERLU REFORMASI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » LOKET PELAYANAN FARMASI RSST KLATEN PERLU REFORMASI

LOKET PELAYANAN FARMASI RSST KLATEN PERLU REFORMASI

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 30 Desember 2014 | 00.00



 
Loket A Pelayanan Farmasi RSST masih tertutup pk 08.40 ( 30/12 )

Klaten Selatan  ~ Selaku rumah sakit pemerintah Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten telah berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi setiap pasiennya , utamanya pada setiap jenis pelayanan kesehatan.
Karena pada prinsipnya pemberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakatnya merupakan  kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Apa itu pelayanan prima ?

Tujuan pelayanan prima yakni memuaskan dan atau sesuai dengan keinginan pelanggan.Oleh karena itu mutu pelayanan adalah kesesuaian antara harapan dan atau keinginan dengan kenyataan.

Pelayanan prima ,juga dapat dimaknai dalam sebuah kata ‘respek’.Respek dalam kegiatan pelayanan  berarti  menghormati atau menghargai kepentingan orang lain ‘, maka dalam pelayanan selayaknya ‘menambahkan sesuatu yang  tidak dapat dinilai dengan uang ,dan itu adalah ketulusan dan integritas’.

RSST Klaten sejatinya telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada berbagai jenis pelayanan kesehatan dan penunjangnya.Namun agaknya seluruh aparat penyedia layanan belum bersinergi secara optimal satu sama lain untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik.

Sebagaimana diakui sejumlah pasien rawat jalan yang harus mengambil obat di unit farmasi , salah satunya Ny Kasmuri  dari segi lokasi saat ini sudah ada pembenahan dulu berada didalam ,ruang tunggunya sempit dan tidak nyaman.

Mental SDM

Namun barangkali yang patut di evaluasi adalah SDM farmasi yang masih belum bersinergi dengan semangat dan komitmen pengambil kebijakan RSST.


Menurut penuturan salah seorang pasien yang enggan disebut jati dirinya , kemarin siang antrian di loket farmasi sangat banyak , sehingga dengan pertimbangan tertentu akan mengambil obat atas  resep dokter esok harinya untuk menghindari antrian panjang.

Keesokan harinya Selasa ( 30/12 ) saat  menuju ke unit farmasi pukul 08.00 WIB ,loket A tempat pengumpulan resep masih tertutup rapat , sementara pengantri obat sudah berdatangan , ketika bertanya petugas perempuan menunjukkan arah ketimur keloket B tempat pengambilan obat yang sudah buka.Namun ketika menanyakan kepada petugas laki-laki diloket B tersebut disuruh mengumpulkan diloket A.

Merasa dipingpong pasien itu mencoba bersabar ,menunggu hingga pukul  08.35 WIB kemudian mengetuk loket A saat terlihat ada dua petugas didalamnya  dan dijawabnya dengan nada kurang ramah  tunggu dulu baru persiapan katanya ketus tanpa rasa bersalah ,sambil membuka loket sekitar  pukul 08.45 WIB.

Ketika klaten info mengkonfirmasi pada petugas jam berapa loket pelayanan farmasi ini seharusnya dibuka dan kenapa baru dibuka pada hampir pukul 09.00 WIB dia menjawab mestinya jam 07.30 WIB, dan baru persiapan kata petugas perempuan  satunya membela dan beralasan.

Barangkali peristiwa kecil ini merupakan fenomena gunung es pada pelayanan publik di RSST Klaten ,dan menjadi  bahan evaluasi internal guna melaksanakan reformasi  mental  aparat sipil negara untuk lebih memahami esensi pelayanan prima ,kemudian  melayani  setiap pasien dengan baik tulus serta berintegritas  demikian harapan sejumlah pasien diantrian farmasi kepada klaten info.(kian)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info