POKTAN TIRTO MULYO SEBAGAI WAHANA BELAJAR - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » POKTAN TIRTO MULYO SEBAGAI WAHANA BELAJAR

POKTAN TIRTO MULYO SEBAGAI WAHANA BELAJAR

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 16 Desember 2014 | 18.54




 
Papan nama Poktan Tirto Mulyo Kadilajo.

Karangnongko  ~  Belajar kepada yang muda bukan haram hukumnya.Karena kebenaran dan kebaikan tidak ada jaminan hanya ada pada yang lebih tua.

Ungkapan diatas barangkali pas disandang oleh kelompok Tani Tirto Mulyo yang berdomisili di padukuhan Kadilaju ,desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko.

Poktan yang ketika terbentuk pada  8 Juni 2013  itu semula bergerak dibidang usaha tanaman pangan,hortikultura , peternakan dan perikanan.

Namun dengan pertimbangan agar lebih efektif dan efisien dalam pembinaan serta pengembangan usahanya bidang perikanan dipisah secara mandiri dalam kelompok pembudidaya ikan Tirto Amarto ,terhitung mulai tanggl 19 November 2014.

Mengusung visi menjadi poktan unggul sejatera dengan 5 pilar misi yang diemban salah satunya yakni meningkatkan kapasitas kelembagaan poktan.

Terkait dengan ini maka poktan berupaya mengoptimalisasikan perannya diantaranya adalah sebagai wahana belajar baik anggota , mitra kerja serta siapa saja yang berminat.

Sejak awal kelahirannya kepala desa Kadilajo telah menggadang-gadang poktan Tirto Mulyo kendatipun terbentuk belakangan namun akan dapat menjadi sumber inspirasi dan percontohan baik dalam manajemen maupun kegiatannya.

Dimulai dengan perencanaan yang mantap , keterbukaan  manajemen , tertib administrasi ,giat membangun jejaring secara horizontal dan vertikal serta kerjasama dengan para pihak terkait untuk pemantapan usaha ekonomi produktif dengan mengedepankan kegotongroyongan dan kekompakan untuk mencapai tujuan.

Mengawali kegiatan penumbuhan usaha perikanan terpadu  yang digagas para penasehat  dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah desa guna menyewa tanah kas desa seluas kurang lebih 1.800 meter persegi di kulon padukuhan Kadilaju.


Gebrakan yang dilakukan adalah menggelar acara peresmian usaha perikanan terpadu yang memperoleh bantuan keuangan dari pemerintah kabupaten Klaten sebesar Rp 50.000.000,00 pada Minggu Pahing , 9 November 2014 dengan mengundang kepala Dinas Pertanian Klaten , Muspika kecamatan Karangnongko ,Penyuluh pertanian dan perikanan , perangkat desa serta ketua gapoktan / poktan di desa Kadilajo.

Acara tersebut disamping sebagai wujud pertanggungjawaban publik juga dikemas untuk sosialisasi berbagai usaha poktan diantaranya pemancingan ikan di kolam Tirto Mulyo kini Tirto Amarto.

Karya nyata itu dinilai sangat baik dan berhasil secara luar biasa kendatipun usianya belum seberapa oleh berbagai pihak diantaranya poktan di desa Kadilajo yang telah lebih senior seperti Tirto Kencono ,Tirto Nugraha ,Tirto Lestari serta Sugih Mukti yang siap belajar dan hadir pada pertemuan  rutin poktan malem Minggu Wage ( 20/12) untuk mengetahui kiat suksesnya demikian penuturan Supriyadi ketua poktan Tirto Mulyo kepada klaten info.(kian)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info