TARIF RSST KLATEN NAIK PER 10 NOVEMBER 2014 , PASIEN TERBEBANI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » TARIF RSST KLATEN NAIK PER 10 NOVEMBER 2014 , PASIEN TERBEBANI

TARIF RSST KLATEN NAIK PER 10 NOVEMBER 2014 , PASIEN TERBEBANI

Written By kiswanto adinegara on Senin, 22 Desember 2014 | 00.00




 
Ruang Pelayanan Pembayaran Tagihan Rawat Inap RSST 

Klaten Selatan  ~ Perihal kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat,diantaranya melalui rumah sakit milik pemerintah.

Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro ( RSST ) Klaten merupakan milik pemerintah  dibawah binaan  Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan , Kementerian Kesehatan RI.

Menurut penjelasan salah satu petugas keuangan di loket pembayaran RSST ,bahwa tarif rumah sakit  mengalami kenaikan  terhitung mulai tanggal 10 November 2014 , namun akan ada evaluasi dalam waktu dekat ini ,jelasnya pada klaten info.

Kenaikan tarif ini menyusul naiknya harga BBM sejak 19 Oktober 2014 ,dan dampaknya dirasakan sangat memberatkan pasien.

Salah satu pasien sebut saja Ny .Yaho ,mengaku sangat kaget menerima tagihan rawat inap selama sekitar  8 hari di paviliun VIP A Cendana pada awal Desember 2014 total sebesar  hampir Rp 12 juta .Diakuinya Ny Yaho memang seorang PNS golongan IV yang sejatinya hanya berhak dirawat  inap kelas 1.

Dari total tagihan itu tanggungan BPJS Kesehatan non PBI hanya sebesar  sekitar Rp 4 juta, sehingga jumlah tagihan yang harus dibayar masih sekitar  Rp 8 juta.

Pasien tersebut merasa sangat terbebani , pasalnya  beberapa bulan sebelumnya sempat opname di ruang VIP A  dengan tombok yang masih terjangkau ,bahkan di VVIP Wijaya Kusuma beberapa kali malah gratis imbuhnya.

Disamping itu tindakan medis yang dilakukan selama rawat inap dinilai biasa-biasa saja , tidak ada yang  istimewa.

Ironisnya lagi setiap ada perubahan kebijakan yang menyangkut kepentingan pasien tidak pernah ada sosialisasi misalnya saat dilakukan sistem parkir progresive dan yang terkini kenaikan tarif bagi pasien rawat inap.Bahkan ada kemunduran keterbukaan pada pasien yang  selesai menjalani rawat inap setelah melunasi tagihan hanya diberikan selembar kwitansi tanpa dilampiri rincian sebagaimana dulu pernah dilakukan.


Memang  melihat  perbandingan tarif saat ini antara Irna kelas 1 dengan VVIP dan VIP terlihat sangat  jomplang .Tarif kamar  kelas 1 hanya  Rp 105.000,00 ,ditambah visite dokter  menjadi Rp 225.000,00 / hari , sementara  VIP B Cempaka  Rp 500.000,00  dengan visite menjadi Rp 670.000,00/hari , VIP A Cendana  Rp 600.000,00 dengan visite menjadi Rp 780.000,00 ,sedangkan paviliun VVIP Wijaya Kusuma Rp 750.000,00 dengan visite menjadi Rp 930.000,00/ hari.

Apapun alasannya sebuah rumah sakit pemerintah tidak selayaknya mengejar target pendapatan sebesar-besarnya  dengan mengesampingkan fungsi sosial yang diembannya sebagai representasi  kewajiban memberikan pelayanan dasar bagi masyarakat .

Yang dirasakan Ny Yaho barangkali  merupakan fenomena gunung es , sehingga para pasien berharap manajemen RSST Klaten segera mengevaluasi  kenaikan tarif dan dampak negatifnya berupa  menambah beban pasien untuk memenuhi tagihan rumah sakit dikala rawat inap ,dan secepatnya mengembalikan pada tarif yang wajar dan terjangkau. 

Demikian pula pihak BPJS Kesehatan hendaknya juga melakukan hal yang sama agar hak-hak pasien  dapat diperoleh secara optimal ( adil dan proporsional ) setelah para peserta memenuhi kewajibannya (kian)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info