DALAM REMBUG TANI MENGUAT DESAKAN REORGANISASI GAPOKTAN DESA KADILAJO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » DALAM REMBUG TANI MENGUAT DESAKAN REORGANISASI GAPOKTAN DESA KADILAJO

DALAM REMBUG TANI MENGUAT DESAKAN REORGANISASI GAPOKTAN DESA KADILAJO

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 20 Februari 2015 | 20.00


Supriyadi ( kaos kuning )  kapoktan Tirto Mulyo dalam suatu rapat

Karangnongko ~ Aroma semerbak kurang transparan dan akuntabelnya pengeloaan gabungan kelompok tani ( Gapoktan )  desa Kadilajo klimaksnya adalah kian menguatnya desakan kelompok tani kepada pemerintah desa selaku penanggungjawab pengembangan Gapoktan dan Poktan dalam rapat rembuk tani  perdana yang digelar dibalai desa Rabu ( 28/1 ) .

Menurut Suradi kades Kadilajo beberapa hari lalu mengatakan bahwa Gapoktan desa Kadilajo sudah dua tahun tidak menyelenggarakan RAT , bahkan bendaharanya Paijo telah meninggal dunia, agar tidak “kelangan enggok” perlu ada musyawarah seluruh poktan untuk mencari solusi.

Sebagaimana disampaikan oleh Supriyadi pada forum kordinasi poktan itu : “ Kami  atas nama  kelompok tani Tirto Mulyo padukuhan Kadilaju ,mengharapkan segera diadakan reorganisasi gapoktan didesa Kadilajo agar menjadi lebih baik ,transparan dan bertanggungjawab dalam pengelolaan untuk kemajuan dan kemakmuran petani “ demikian ketua poktan itu berharap dalam rembuk tani.

Hal senada disampaikan ketua poktan Tirto Nugroho , Tuhono “ Reorganisasi gapoktan penting dan mendesak dilakukan agar kegiatan usaha bersama dari hulu – hilir secara maksimal dan berorientasi pasar dapat segera diwujudkan “

Merujuk  Permentan 82 /2013 , bahwa sejatinya fungsi gapoktan  adalah memfasilitasi kegiatan usaha bersama dari hulu- hilir secara komersial dan berorientasi pasar. Bentuk awal dan sederhananya adalah memberikan informasi , teknologi dan permodalan kepada anggota dan menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Terkait dengan permodalan sebagaimana informasi Okky Sakti Prabowo PPL  WKPP desa Kadilajo : “ bahwa gapoktan desa Kadilajo pernah menerima hibah dana PUAP dari Kementerian Pertanian sebesar Rp 100.000.000,00 untuk dikembangkan dalam usaha ekonomi produktif “

Disamping itu memperoleh bantuan SL-PTT padi dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional pada tahun 2014 kemarin.

Peserta rembuk tani bersepakat dan bersemangat melanjutkan pertemuan “ Rabu Pahing “ menjadi hari pertemuan selapanan di balai desa ,dan berharap kepada kepala desa selaku penanggung jawab pengembangan poktan dan gapoktan ,yang operasionalnya dilaksanakan PPL dapat segera menindaklanjuti desakan poktan melaksanakan reorganisasi gapoktan desa Kadilajo.

“ Dalam acara rembuk tani itu di balai desa Kadilajo dihadiri PPL Pertanian dan PPL Perikanan kecamatan Karangnongko , sedangkan ketua Gapoktan , Jumbadi tidak hadir “ demikian Supriyadi mengakhiri pembicaraan

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info