KADES KADILAJO LAMBAN MERESPON PROPOSAL DARI DINAS PERTANIAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KADES KADILAJO LAMBAN MERESPON PROPOSAL DARI DINAS PERTANIAN

KADES KADILAJO LAMBAN MERESPON PROPOSAL DARI DINAS PERTANIAN

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 15 Februari 2015 | 07.00



Kades Kadilajo diantara Sekdes dan ketua BPD

Karangnongko ~ Dinas Pertanian kabupaten Klaten tahun anggaran 2015 memiliki pagu dana alokasi khusus ( DAK ) bidang perikanan , untuk pembangunan kolam permanen pembesaran ikan pada lima belas desa yang memiliki kelompok pembudidaya ikan ( Pokdakan).

Agar bantuan tersebut kelak berdaya dan berhasil guna maka ada  beberapa syarat agar sebuah desa memperoleh bantuan tersebut.

Sebagaimana penjelasan Hery Purwoko  :” Bantuan akan diberikan pada desa yang memiliki lahan kas desa kurang produktif yang dialihfungsikan dengan peraturan desa untuk usaha perikanan ,ada pokdakan yang aktif  serta adanya kemauan dan  semangat  mengembangkan usaha perikanan  kedepan “ kata  PPL Perikanan kecamatan Karangnongko itu disaat penyuluhan di balai desa Kadilajo ( 28/1 ).

“ Secara kronologis desa Kadilajo ditunjuk sementara untuk calon lokasi pembangunan kolam ikan tahun 2015  berawal hasil kordinasi pengurus dengan PPL kemudian kami konsultasikan ke Dinas ( 4/12/14) ,ditindaklanjuti masuknya profil pokdakan Tirto Amarto ( TA ) padukuhan Kadilaju ke Dinas Pertanian ( 8/1 ),kemudian diverifikasi akhirnya lolos.Langkah selanjutnya adalah pengajuan proposal oleh pemerintah desa Kadilajo yang ditandatangani kades ,diketahui PPL Perikanan , dan ketua BPD dan ketua Pokdakan lolos verifikasi  pada berita acaranya “ imbuhnya.

Informasi yang dihimpun klaten info sejatinya sesuai schedule proposal masuk Dinas Pertanian sebelum Februari 2015 , sebagaimana koordinasi PPL dengan pemerintah desa Kadilajo ( 15/1 ) ,namun informasi dari pengurus pokdakan Tirto Amarto setelah konsultasi dengan kades ( 18/1 ) ,tanah kas desa selatan bangsal pertemuan Tirto Amarto yang sudah disewa pokdakan diusulkan kelompok dan PPL  belum disetujui kades karena akan dibangun kolam renang.

“ Saya akan koordinasi dulu dengan BPD untuk menindaklajuti proposal itu ,barangkali kami akan mencarikan lokasi selain di kidul bangsal TA  yang direncanakan untuk kolam renang sejak dulu “ kata kades kepada Sugiyarno ketua pokdakan yang didampingi klaten info ( 25/1) dirumahnya.

Hal senada juga dikatakan Suradi pada pertemuan rembuk tani dibalai desa Rabu Pahing ( 28/1 ) “ Di desa Kadilajo ada tiga pokdakan  yani Mino Martani , Mino Mukti dan Tirto Amarto “ katanya .

Menurut Hery Purwoko : “ Tiga pokdakan di desa Kadilajo yang aktif hanya satu yakni Tirto Amarto di padukuhan Kadilaju ,yang lain off “ katanya pada klaten info.
Tim Teknis CPCL Dinas Pertanian hadir tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kemudian diminta men CPCL  calon lokasi kolam yang diajukan kades yakni di padukuhan Grenjeng dan Kadilaju.

Melihat lambatnya respon kades membuat proposal DAK  , belum disetujuinya lokasi kidul bangsal serta menduakannya dengan pokdakan Grenjeng yang tidak aktif dinilai oleh pokdakan  TA merupakan langkah kurang pas orang nomor satu di desa itu :” Kenapa Pak Kades kok sepertinya menghambat kemajuan pokdakan TA yang terbukti aktif dan bersemangat ikut membangun desa , responnya lamban untuk kordinasi dengan lembaga lain serta kurang  tepat dalam mengambil keputusan “ demikian Sugiyarno saat ditemui klaten info.

Hal senada juga dikatakan Joko Supriyanta Camat Karanganongko : “ Saya sudah kordinasi  dengan pak kades Kadilajo pada prinsipnya akan menindaklanjuti proposal permintaan Dinas Pertanian yang perlu mengkordinasikan  dengan lembaga desa lainnya ,namun demikian saya himbau hendaknya juga mempertimbangkan deadline kapan proposal harus masuk Dinas ,hingga hari ini kan sudah hampir 20 hari  stagnan “ katanya pada klaten info ( 3/1 ).
“Diharapkan kades adil dan bijak dalam membuat suatu kebijakan demi kerukunan dan kesejahteraan warganya “ pungkas Camat pindahan dari Jogonalan itu.

“ Hingga hari ini  Minggu ( 15/2 ) kades belum memberikan jawaban yang pasti tentang tindak lanjut proposal yang diminta dari Dinas Pertanian Klaten “ pungkas Giyarno.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info