KENAPA DUA TAHUN GAPOKTAN DESA KADILAJO TIDAK RAT - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » KENAPA DUA TAHUN GAPOKTAN DESA KADILAJO TIDAK RAT

KENAPA DUA TAHUN GAPOKTAN DESA KADILAJO TIDAK RAT

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 17 Februari 2015 | 00.00



Ilustrasi Awal Tahun 2015 musim RAT Gapoktan di Klaten


Karangnongko ~  Gapoktan merupakan akronim gabungan kelompok tani yang lazim dibentuk dalam suatu desa. Kepengurusan gapoktan terdiri dari pengurus kelompok tani yang tergabung dalam desa tersebut.Keberadaan Gapoktan dinilai penting dan strategis sebagai mitra pemerintah cq Kementerian Pertanian dan desa dalam pelaksanaan program dan kegiatan pertanian.

“ Gapoktan desa Kadilajo pernah dapat bantuan dana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan ( PUAP ) dari Kementerian Pertanian beberapa tahun lalu sebesar Rp 100.000.000,00 ( seratus juta rupiah ) ,untuk usaha ekonomi produktif para petani dan bisa dikelola sebagai  revolfingfund alias dana bergulir “ demikian Okky PPL kecamatan Karangnongko memberikan informasi dalam rapat poktan di Kadilajo.

Sementara menurut Suradi kepala desa setempat : “ bahwa Gapoktan di desa Kadilajo sudah dua tahun tidak melaksanakan rapat anggota tahunan ( RAT ) , sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada kelompok petani sebagai anggota , kenapa kami belum tahu alasannya “.

“ Bendahara Gapoktan Paijo meninggal dunia ,jangan sampai hal itu dijadikan alasan untuk tidak melakukan RAT , imbuhnya.

Selanjutnya kades yang sudah dua kali menjabat itu mengatakan : “ Kami akan mengadakan rapat pengurus poktan se desa Kadilajo , Rabu ( 28/1 ) di balai desa ,untuk membicarakan perencanaan agar pertanian disini kedepan menjadi lebih baik “ demikian tuturnya kepada klaten.info.

“ Kesempatan ini sekaligus mencari masukan untuk persiapan mereorganisasi kepengurusan Gapoktan mengingat di Kadilajo sudah tumbuh dua poktan baru yakni Sugih Mukti dan Tirto Mulyo “  harapnya.

Sementara hal senada juga disampaikan petani dari padukuhan Gereh yang enggan disebut jati dirinya “ bahwa gapoktan di Kadilajo berharap segera dibenahi agar pengelolaan bantuan-bantuan dari pemerintah dilaksanakan secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar “ harapnya saat berbincang dengan klaten.info di balai desa.

  Barangkali pengawasan dan pembinaan dari pemkab Klaten cq Dinas Pertanian perlu ditingkatkan kepada gapoktan dan poktan agar pengelolaan kelompok berjalan dengan baik serta terkait setiap  bantuan dari pemerintah dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang ada “ katanya mengakhiri pembicaraan.

Sedangkan berdasarkan Permentan nomor  82/ 2013 , penanggung jawab pengembangan gapoktan dan poktan di desa adalah kades ,sedangkan operasionalnya dilaksanakan oleh PPL setempat.
Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info