TUKANG PARKIR KLATEN TARIK TARIF TIDAK SESUAI ATURAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » TUKANG PARKIR KLATEN TARIK TARIF TIDAK SESUAI ATURAN

TUKANG PARKIR KLATEN TARIK TARIF TIDAK SESUAI ATURAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 16 Maret 2015 | 00.00



      
Tarif parkir resmi di Jalan Pemuda Klaten


Karangnongko ~ Ketentuan tarif parkir kendaraan di kota Klaten diatur berdasarkan Peraturan Daerah ( Perda ) kabupaten Klaten nomor 18 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum,Retribusi Pelayanan Parkir ditepi jalan umum.

Sebagaimana terpampang di sejumlah  papan pengumuman di kota Klaten utamanya sepanjang jalan Pemuda ,tarif parkir resmi  adalah roda dua tidak bermotor Rp 300,00 , roda dua bermotor Rp 500,00 , roda tiga dan empat bermotor Rp 1.000,00

Dengan tambahan keterangan bahwa pertama  tarif parkir tersebut untuk 4 jam putaran pertama , kedua untuk 4 jam putaran kedua tarifnya sebesar  150 % dan ketiga untuk 4 jam putaran ketiga dan selebihnya sebesar  200 %.

Namun fakta dilapangan penarikan tarif parkir diruas jalan utama ( Pemuda ) Klaten tidak sesuai dengan aturan yang ada. 

Sebagaimana penuturan Agung “ saya parkir mobil di depan toko Laris ,tadinya saya beri Rp 1000,00 tetapi tukang parkir tidak mau menerima dan minta Rp 2.000,00 “ katanya pada klaten.info.

“ Padahal saya parkir tidak lebih dari satu jam , ketika saya sodori selembar uang kertas ribuan , Rp 2.000,00 bos kata tukang parkir berseragam oranye tersebut “ imbuhnya.

“Saya gak mau ribut  dengan juru parkir itu gara-gara uang Rp 1.000,00 , pertanyaannya lha terus apa gunanya papan pengumuman tentang tarif parkir berdasar perda nomor 18/2011 yang dipasang Dinas Perhubungan Klaten itu ,dan mana fungsi kontrol pemerintah karena atas tindakan sepihak juru parkir  jelas merugikan masyarakat “ katanya bernada protes.

Hal senada juga pernah dialami Doni ketika parkir di sebelah utara pasar Klaten “ sambil memberi aba saat mobil akan keluar , tukang parkir langsung bilang dua ribu rupiah mas “ katanya saat ditemui klaten.info

Pengalaman Widodo terkait parkir sepeda motor " saya coba kasih Rp 500,00 sesuai perdanya ,tukang parkir dengan nada sinis bilang ,wis ra mlaku mas...minta Rp 1.000,00" kata warga Kebonarum itu pada kabarklaten.net ( 16/3 ) via akun FB nya.

Fenomena tarif parkir dan penarikannyadi Klaten memang perlu segera direspon oleh pemerintah kabupaten pasalnya tarif yang berlaku saat ini sejatinya memang sudah out of date jika dibandingkan dengan kota lainnya.

Menurut Agung “ ya kalau tarif parkir saat ini umumnya Rp 1000,00 untuk sepeda motor dan Rp 2.000,00 untuk mobil , jika lebih dari itu akan memberatkan masyarakat “ usulnya.

“ Disamping itu pola tarif parkir progresive sebagaimana yang ada di perda 18/2011 barangkali perlu dikaji ulang pasalnya sulit dalam penerapannya dilapangan “ ,pungkasnya mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info