ADA KEKHAWATIRAN AIR IRIGASI PERTANIAN TERGANGGU PROGRAM PAMSIMAS KADILAJO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » ADA KEKHAWATIRAN AIR IRIGASI PERTANIAN TERGANGGU PROGRAM PAMSIMAS KADILAJO

ADA KEKHAWATIRAN AIR IRIGASI PERTANIAN TERGANGGU PROGRAM PAMSIMAS KADILAJO

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 18 April 2015 | 18.36


 
Peserta sosialisasi Pamsimas Kadilajo
Karangnongko ~ Akibat kualitas air minum sejumlah RW di desa Kadilajo tidak layak konsumsi karena kandungan zat besi diatas ambang yang diperkenankan ,maka salah satu solusinya akan mengalirkan air bersih dari sumber air kali Tanjung.

Dalam tahapan sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( Pamsimas ) di balai desa Kadilajo , Kamis Kliwon ( 16/ 4 ) yang dihadiri ketua RW , RT dan tokoh masyarakat mengemuka adanya kekhawatiran sebagian warga  akan terganggunya irigasi pertanian sawahnya.

Sebagaimana penuturan Kristadi “ sebagaimana diketahui bahwa sumber irigasi pertanian desa Kadilajo , Tambakan dan Joton sebagian berasal dari kali Tanjung ,jadi kami khawatir jika nanti diambil untuk pamsimas irigasi sawah akan terganggu dengan mengecilnya debit air “ kata ketua RT 20 itu dalam forum rapat .

“ Jatah air irigasi dari dam Gayamsewu untuk desa Kadilajo selama seminggu hanya ada dua hari yakni sejak Kamis sore hingga Sabtu pagi , sesudah hari itu merupakan jatah Tambakan dan Joton , sehingga petani padukuha Potro dan sekitarnya mengkhawatirkan akan semakin sulitnya berbudidaya padi setahun  2 – 3 kali “ imbuhnya bersemangat.

Atas pernyataan Kristadi ditanggapi beberapa peserta rapat ,” Sumber air irigasi Dam Gayamsewu terdiri dari banyak mata air salah satunya kali Tanjung ,bukan satu-satunya, sehingga tidak perlu khawatir secara berlebihan , mengingat untuk kebutuhan air minum warga dinilai lebih mendesak dilakukan dan nanti bisa dihitung berapa debit yang ada dan yang diperlukan , disamping itu untuk sumber irigasi bisa dicarikan sumber air baru dengan membuat sumur bor “ demikian pendapat Doni salah satu tokoh masyarakat dari RT 03.

Wawan pendamping Pamsimas mengatakan “ setelah melihat sumber air kali Tanjung debitnya diperkirakan  4 – 5 liter per detik , sementara untuk calon penerima manfaat diperkirakan dibawah 1000 KK ,jadi hanya dibutuhkan maksimal 1 liter / detik dari kali Tanjung ,sehingga masih tersisa  3 – 4 lt/detik , jadi tidak mungkin semua air kali Tanjung akan digunakan untuk Pamsimas “ jelasnya.

Kepala desa menambahkan “ bahwa untuk Pamsimas memang merupakan usulan dari warga saat musrenbangdes dan ditindaklajuti menjadi RPJMDes dan diusulkan ke kabupaten sehingga tahun ini disetujui ,ini merupakan skala prioritas untuk kepentingan hidup sehari-hari warga yang air sumurnya tidak sehat “ katanya.

“ Dan sudah disurvei oleh Tim dengan pengambilan air untuk Pamsimas tidak akan mengganggu irigasi pertanian di Kadilajo “ imbuh kades itu memungkasi rapat.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info