DESA KADILAJO AKAN PEROLEH BANTUAN KOLAM IKAN DARI DINAS PERTANIAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » DESA KADILAJO AKAN PEROLEH BANTUAN KOLAM IKAN DARI DINAS PERTANIAN

DESA KADILAJO AKAN PEROLEH BANTUAN KOLAM IKAN DARI DINAS PERTANIAN

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 24 April 2015 | 21.34


Salah satu paket bantuan kolam dari DAK Distan Klaten


Karangnongko ~ Ide besar dan kreatif pengurus kelompok pembudidaya ikan ( KPI ) alias pokdakan Tirto Amarto padukuhan Kadilaju dalam mengelola usaha perikanan ,ternyata berimbas pada tumbuh kembangnya kelompok baru di desa Kadilajo yang dikenal murah air  itu.

Menurut Hery Purwoko “ saat ini di desa Kadilajo sudah berdiri empat pokdakan menyusul Tirto Amarto yang berdiri 19 November 2014 ,adalah paling bungsu yakni Mina Mukti yang beralamat dipadukuhan Kalikajar “ kata PPL perikanan itu pada klaten info.

Kendati kawasan minapolitan II telah ditetapkan Ngantenarum ( Ngawen,Klaten Selatan,Kebonarum) menyusul kawasan I Kalungharjo namun bukan berarti yang lain tertutup untuk menerima bantuan.

“ Pemerintah desa Kadilajo tahun anggaran 2015 ini akan memperoleh bantuan fisik kolam ikan untuk budidaya dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Kementerian Kelautan dan Perikanan ,dengan nilai sekitar Rp 130 jutaan ,barangkali kecamatan Karangnongko dapat menjadi penyangga kawasan Ngantenarum “ katanya dalam sebuah pertemuan pokdakan di Kadilaju beberapa waktu lalu.

Lebih jauh PPL Perikanan kecamatan Karangnongko itu menjelaskan “ bahwa kewajiban pemerintah desa adalah menyediakan lahan kas desa kurang produktif dan sudah dialihfungsikan dari peruntukkan pertanian menjadi usaha perikanan yang dituangkan dalam perdes.

Disamping itu menunjuk pokdakan yang akan mengelola kolam tersebut secara tertulis dalam sebuah berita acara yang dilampirkan dalam proposal dan dikirimkan ke Dinas 
Pertanian Klaten cq Bidang Perikanan “ jelasnya.

“ Proposal dari desa sudah jadi dan dikirim ke Dinas ,kepala desa menunjuk pokdakan Mina Mukti padukuhan Kalikajar yang baru lahir yang diketuai Dudung Saadudin untuk dipercaya mengelola kolam bantuan itu , Dudung juga ikut menandatangani berita acara  dalam proposal selaku ketua BPD desa Kadilajo , jadi Dudung merangkap jabatan “ imbuhnya.

Kepala desa Kadilajo mengaku sudah diundang rapat di Dinas Pertanian pada hari Kamis ( 16/4 ) dan disana ada penjelasan gambar kolam bantuan DAK tahun ini , sebagaimana disampaikan pada rapat pamsimas yang dihadiri ketua RW ,RT dan tokoh masyarakat di balai desa ( 16/4 ).

Keputusan Suradi selaku kades menunjuk Mina Mukti disayangkan sejumlah warga ,salah satunya Giyarno “ keputusan menunjuk pokdakan Mina Mukti merupakan keputusan sepihak yang dinilai kurang transparan karena dilakukan secara diam-diam tanpa melalui musyawarah dengan melibatkan pokdakan yang lain “ kata salah satu ketua pokdakan di desa Kadilajo saat ditemui klaten info.

“ Soal pemanfaatan kolam yang berlokasi di tanah kas desa kidul Gampar itu besok kalau sudah diserahkan ,warga atau pokdakan yang lain dapat berembuk dengan KPI Mina Mukti  “ katanya mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info