KALI TANJUNG BELUM TENTU JADI PEMASOK AIR “ PAMSIMAS “ KADILAJO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KALI TANJUNG BELUM TENTU JADI PEMASOK AIR “ PAMSIMAS “ KADILAJO

KALI TANJUNG BELUM TENTU JADI PEMASOK AIR “ PAMSIMAS “ KADILAJO

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 17 April 2015 | 21.39


Sumber air Kali Tanjung Kadilajo

Karangnongko ~ Menurut hasil laboratorium Dinas Kesehatan Klaten ,bahwa kualitas air sumur di sejumlah wilayah RW desa Kadilajo dinyatakan tidak layak konsumsi ,mengingat kadar Fe ( ferum ) atau zat besi nya terlalu tinggi.

Sebagaimana disampaikan Suradi “ kualitas air sumur warga mulai padukuhan Karangeri , Jatirejo , Jelok,Margorejo,Margosono, Grenjeng ,Sepuluh dan Gereh tidak layak konsumsi karen kandungan zat besinya diatas ambang yang diizinkan “ katanya pada klaten.info

Lebih jauh kades Kadilajo menjelasakan bahwa Solusi alternatif untuk mengatasi hal tersebut salah satunya mengalirkan air dari kali Tanjung yang berada di padukuhan Kalikajar ,yang memiliki debit air antara 4 – 5 liter/detik,dan mengalir sepanjang tahun secara lestari. Secara teknis air mengalir dengan sistem grafitasi sehingga lebih murah biaya operasionalnya.

“ Pembiayaan untuk pelaksanaan Pamsimas nanti ditanggung APBN ,iuran dan gotong royong warga pemanfaat air minum dalam program pamsimas,sehingga total mencapai Rp 275 juta  “ kata Wahid pedamping Pamsimas  

Kali Tanjung sementara ini dimanfaatkan oleh warga sekitar dan juga warga Kemalang saat musim kemarau untuk keperluan mandi dan mencuci.Limpahan sisa air mengalir masuk ke sungai yang menyatu dengan kali Gedhe masuk dam pengairan Gayam sewu kemudian mengoncori sawah tiga desa yakni Kadilajo,Joton dan Tambakan.

Secara fisik kali Tanjung sudah dibangun secara permanen diantaranya dibuat bak tandon , dan dialirkan menggunakan pipa pralon kedalam dua bilik ,masing-masing sejumlah tujuh pipa pancuran.Dua bilik tersebut dirancang untuk pemanfaatan kaum perempuan disebelah utara dan sisi selatan untuk laki-laki.Kali ini dibangun sekitar tahun 1978 oleh pemerintah desa Kadilajo.

“ Namun untuk kepastian apakah nanti program Pamsimas desa Kadilajo akan secara difinitif mengambil air dari kali Tanjung , tunggu dulu hasil laboratorium dari uji kualitas air dari sana yang akan dilakukan Dinas Kesehatan kabupaten Klaten nanti “ terang Wawan salah satu pendamping saat ditemui kabarklaten di balai desa Kadilajo ( 16/4 ).

“ Bisa jadi jika kualitas air kali Tanjung tidak layak konsumsi ,lokasi pindah pada sumber air lain yang lebih layak ,atau harus melalui serangkaian treatment dahulu  sehingga aman bagi kesehatan warga , kesimpulannya belum tentu di Kali Tanjung ambilnya “ tegas Rini fasilitator Pamsimas memungkasi pembicaraan.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info