KKM “ TIRTO TANJUNG “ DAN SATLAK PAMSIMAS DESA KADILAJO TERBENTUK - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » KKM “ TIRTO TANJUNG “ DAN SATLAK PAMSIMAS DESA KADILAJO TERBENTUK

KKM “ TIRTO TANJUNG “ DAN SATLAK PAMSIMAS DESA KADILAJO TERBENTUK

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 16 April 2015 | 22.09

Personal KKM dan Satlak Pamsimas Kadilajo



Karangnongko ~ Dalam rangka memberikan kemudahan akses warga Kadilajo yang mengalami persoalan ketersediaan air bersih , hari ( Kamis , 16/4 ) pemerintah desa mengadakan rapat sosialisasi Pamsimas.

Menurut Suradi “ rapat  mengundang ketua RW ,RT ,perangkat desa  dan tokoh masyarakat untuk  sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dari kabupaten Klaten ,dan dilanjutkan pembentukan kelompok keswadayaan masyarakat ( KKM ) dan Satuan pelaksana ( Satlak ) Pamsimas “ kata kades Kadilajo saat memimpin rapat di balai desa.

Rapat sosialisasi dihadiri pendamping Pamsimas ,yang menjelaskan “ bahwa program ini akan dilaksanakan tahun 2015 ini ,dengan memperoleh dana Rp 220.000.000,00 bersumber dari APBN “ kata Wawan dalam rapat.

“ Namun warga calon pengguna air bersih wajib mengadakan In cash sebesar Rp 11.000.000,00 dengan cara iuran yang akan dimanfaatkan untuk operasional kerja KKM pelatihan dan lain sebagainya “ imbuhnya.

“ Disamping itu warga Kadilajo utamanya calon penerima manfaat juga harus berswadaya secara gotong royong dalam waktu pelaksanaan hingga mencapai nilai Rp 44.000.000,00 “ tambah pendamping Pamsimas asal Joton itu.

Menurut Jumarno jumlah warga yang akan jadi pemanfaat berasal dari empat RW mencapai 1300 an orang , atau sekitar 300 KK katanya pada klaten info

Mengingat bulan Agustus – September nanti uang akan cair maka prasyaratnya harus terbentuk KKM dan satlak Pamsimas desa Kadilajo.

Akhirnya dengan dipandu kepala desa terbentuklah KKM “ Tirto Tanjung “ desa Kadilajo dengan kordinator Nur Setyo Wibowo , dengan anggota Kiswanto ,Tri Harjani , Wahadi,Sunarto,Suradi dan Nuraini . Sementara untuk Satlak  ketua Djumarno ,sekretaris Witono ,unit keuangan Tria Yogasari , unit kesehatan Srini ,unit pengaduan Samidi dan Ngadino.

Pemilihan nama Tirto Tanjung secara aklamasi dengan alasan karena sumber air yang akan diambil untuk air minum berasal dari Kali Tanjung

“ Anggota KKM tidak boleh merangkap Satlak , dan diisi  perangkat desa. Namun perangkat desa bisa masuk di satlak “ jelas Wahid salah satu pendamping pada audiens.

“ KKM akan dikukuhkan dengan akta notaris dan segera melaksanakan kegiatan sebagai tindak lanjut pertemuan ini “ pungkas Rini Yuliasning Fasilitator Pamsimas yang ikut hadir.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info