KKM “ TIRTO TANJUNG “ PAMSIMAS KADILAJO GELAR KOORDINASI DAN SEGERA ACTION - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KKM “ TIRTO TANJUNG “ PAMSIMAS KADILAJO GELAR KOORDINASI DAN SEGERA ACTION

KKM “ TIRTO TANJUNG “ PAMSIMAS KADILAJO GELAR KOORDINASI DAN SEGERA ACTION

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 25 April 2015 | 21.43



Peserta rapat Pamsimas desa Kadilajo

Karangnongko ~ Kelompok keswadayaan masyarakat ( KKM ) Pamsimas desa Kadilajo kendati belum dikukuhkan oleh notaris namun tetap semangat untuk berkarya.
KKM dan Satlak Pamsimas sementara terbentuk melalui rapat pleno yang dihadiri ketua RW , RT ,perangkat desa dan tokoh masyarakat saat digelar sosialisasi di balai desa Kadilajo ( 16/4 ) lusa.

Menurut Nur Setyo Wibowo “ kami bersama 6 orang anggota ingin memperoleh informasi yang jelas dan pasti mengenai tugas pokok dan fungsi dari KKM , sehingga kami mengadakan rapat koordinasi bersama Satlak serta mengundang kepala desa serta pendamping teknis ,hari Kamis ( 23/4 ) di rumah kami “ demikian kata koordinator KKM yang berdomisili di padukuhan Kalikajar itu saat mengawali pertemuan.

Kepala desa Kadilajo dalam kesempatan itu mengatakan “ bahwa program pamsimas ini dengan sasaran prioritas pada warga empat RW yakni RW 3 Sepuluh , RW 4 Karangeri ,RW 6 Grenjeng dan jelok serta RW 7 Margorejo yang terdiri dari 11 RT “ katanya dalam sambutan.

“ Sementara sumber air yang akan diambil adalah kali Tanjung ,namun perlu segera di ambil sampel airnya untuk uji kelayakan di laboratorium Dinkes Klaten.Disamping itu diimbau KKM segera mengambil langkah menyiapkan penyusunan PJM dan pro Aksi dengan melakukan pengukuran lapangan.Sambil menunggu proses pembuatan SK pembentukan KKM dari pemerintah desa untuk kelengkapan pembuatan akta notaris  “ imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan tahapan kegiatan yang perlu dilakukan KKM serta satlak oleh Wawan S selaku pendamping teknis. “ Tugas utama KKM adalah sebagai konseptor pamsimas di desa Kadilajo posisinya setara dengan BKM ,yang berbadan hukum serta legal setelah memperoleh akta notaris . Peran KKM sebagai rumah program apa saja di level desa .

Tugas yang segera dibuat adalah menyusun Program Jangka Menengah ( PJM ) lima tahunan sebagai grand design ,serta program air minum kesehatan dan sanitasi ( Pro Aksi ) untuk desa Kadilajo “jelasnya.

Jadi langkah yang segera dilakukan meliputi pertama uji lab air sumber Tanjung, pembuatan akta notaris KKM dan pengukuran lapangan.

“ Pengukuran direncanakan Senin ( 27/4 ) pukul 08.30 WIB KKM dan Satlak serta pendamping berkumpul di kali Tanjung kemudian keselatan menuju ujung lokasi sasaran yang jaraknya mencapai 3 km lebih .Alat yang disiapkan peta ,patok bambu, spidol dan dokumentasi kegiatan  “ pungkas tuan rumah memungkasi rapat.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

1 komentar:

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info