PERINDANG JALAN POHON TREMBESI PALING UNGGUL SERAP CARBON - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PERINDANG JALAN POHON TREMBESI PALING UNGGUL SERAP CARBON

PERINDANG JALAN POHON TREMBESI PALING UNGGUL SERAP CARBON

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 26 April 2015 | 00.00


Pohon Trembesi belum familiar di kota Klaten


Karangnongko ~ Kalau kita jeli melihat jenis pohon yang digunakan untuk perindang jalan sisa-sisa peninggalan zaman pejajah utamanya Belanda diantaranya terdapat pohon trembesi.

Terkait keshahihan produk perencanaan setiap jenis kegiatan dari negeri kincir angin barangkali tak perlu diragukan lagi.  

Pohon yang mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun dan tetap kokoh itu sering disebut wit besi , ki hujan atau rain tree .

Menurut pengamatan klaten info di wilayah kabupaten Klaten selama beberapa tahun terakhir penanaman perindang jalan didominasi jenis pohon seperti glodogan , palem , angsana dan lain sebagainya seperti terlihat di jantung kota bersinar. Pohon trembesi sepertinya kurang mendapatkan perhatian ,sehingga belum familiar.

Pohon trembesi merupakan pohon berkanopi seperti payung ,berdaun hijau berbentuk bulat tidak lebih dibanding bulatan recehan  lima puluh rupiah ,namun paling unggul dalam menyerap gas karbon dioksida sebagai polutan.

Dengan beberapa kelebihan tersebut sehingga dinilai sangat tepat apabila ditanam sebagai perindang jalan utamanya di perkotaan yang padat kendaraan bermotor.

Menurut pakar trembesi H Endes N Dahlan dari Fakultas Kehutanan IPB ,jenis pohon trembesi merupakan terobosan untuk mengatasi pemanasan global karena memiliki daya serap sangat tinggi terhadap CO 2. Dengan diameter tajuk sepanjang 15 meter ,sebatang pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas CO 2 setiap tahunnya.

Keunggulan lain dari pohon trembesi menurut Muh Bakri “ kayunya kalau sudah kering sangat keras dan tahan terhadap air ,jadi sangat baik untuk bahan bangunan yang senantiasa terkena air seperti pintu kamar mandi “ kata tukang kayu itu  pada klaten.info saat ditemui di rumahnya padukuhan Kadilaju.

Dengan adanya referensi ini diharapkan penanaman penghijauan kedepan termasuk dalam rangka peringatan hari bumi ( 22/4 ) dan khususnya perindang jalan para pihak yang berkentingan dapat memanfaatkan pohon trembesi sebagai pilihannya.

” Kalau memang pohon trembesi paling unggul dalam menyerap polutan sebaiknya setiap penanaman perindang jalan utamanya di kota Klaten memilih jenis pohon ini “ harap Slamet Widodo rimbawan dari Klaten kepada klaten.info.

Oleh : Kiswanto



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info