HASIL UJI LAB AWAL AIR KALI TANJUNG MENGANDUNG BAKTERI E- COLI TINGGI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » HASIL UJI LAB AWAL AIR KALI TANJUNG MENGANDUNG BAKTERI E- COLI TINGGI

HASIL UJI LAB AWAL AIR KALI TANJUNG MENGANDUNG BAKTERI E- COLI TINGGI

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 17 Mei 2015 | 19.37



Sumber air Kali Tanjung ,atap penutupnya jebol dan terlihat kotor


Karangnongko.Klaten.info ~ Salah satu langkah Satlak dan KKM Pamsimas desa Kadilajo untuk segera memulai program nya secara paralel adalah mengetahui kualitas air kali Tanjung sebagai calon pemasok kepada para pemanfaat kedepan.

Hasil uji laboratorium perdana sementara menyangkut dua aspek penting agar bisa dinyatakan layak dan sehat sudah keluar . Dua hal itu pertama kandungan bakteri ( bakteriologi ) dan kedua secara kimiawi.

Menurut penuturan Agus Wahid Riyadi “ hasil uji laboratorium tahap awal air kali Tanjung kandungan bakteri E-Coli penyebab diare melebihi ambang batas ( idealnya < 500 ) yakni mencapai  2.400 an , sedangkan secara kimiawi  dinyatakan tidak ada masalah “ katanya saat rapat koordinasi dibalai desa Kadilajo Selasa ( 12/5 ).

Lebih jauh pendamping bidang pemberdayaan tersebut menjelaskan “ dengan hasil seperti itu kita tidak perlu khawatir ,langkah yang perlu dilakukan adalah redevelopment terhadap mata air kali Tanjung “ tegasnya.

“Bentuk riil redevelopment adalah dengan membersihkan semua jenis kotoran yang masuk  dan kedua melindungi dari cemaran kedalam sumber air tersebut ,kemudian sesudahnya kualitas air diuji laboratorium untuk kedua kalinya .

Dan uji laboratorium ketiga akan dilakukan lagi kelak jika air sudah mengalir masuk sambungan rumah ( SR ) terjauh “

Menurut  pantauan kalten info lingkungan sumber air Tanjung terlihat kotor , dan kurang terawat .Atap pelindung mata air jebol dan penyangganya rapuh.Sementara dinding pembatas dengan lereng atasnya sudah penuh sedimen sehingga manakala hujan run off masuk kedalam bak penampung air yang ada.

Kordinator KKM  Nur Setyo Wibowo mengatakan “ memang selama ini sumber air kali Tanjung tercemari berbagai benda diantaranya dedaunan , serta limpasan air hujan dari perkampungan yang kotor sebagian masuk kedalam bak air tersebut “ demikian akunya dalam rapat.

Menurut pedamping asal Jemawan itu “ terkait kandungan bakteri E-Coli tinggi akan lebih mudah dan murah diatasi ,katimbang kandungan kimiawinya melebihi ambang batas ,jadi kita optimis kali Tanjung bisa ditetapkan sebagai pemasok air minum bagi wilayah Kadilajo selatan” jelasnya memungkasi pembicaraan saat ditemui klaten.info.

Oleh : Kiswanto                                                                                                                     



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info