PAMSIMAS NGEMPLAK BAIK RAIH HIBAH INSENTIVE DESA 200 JUTA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PAMSIMAS NGEMPLAK BAIK RAIH HIBAH INSENTIVE DESA 200 JUTA

PAMSIMAS NGEMPLAK BAIK RAIH HIBAH INSENTIVE DESA 200 JUTA

Written By kiswanto adinegara on Senin, 18 Mei 2015 | 04.53


Pamsimas berhasil warga tak perlu beli air lagi


Karangnongko ~Tujuan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( Pamsimas ) adalah untuk meningkatkan jumlah warga kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di perdesaan agar dapat mengakses pelayanan airminum dan sanitasi secara berkelanjutan.

Disamping itu guna meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih serta sehat dalam rangka percepatan capaian target MDGs khususnya sektor air minum dan sanitasi melalui mainstream dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Oleh pihak pemerintah kabupaten Klaten yang telah menggulirkan program ini kepada desa Ngemplak,kecamatan Karangnongko tahun 2010,menilai bahwa pengelolaannya dinilai berhasil dengan baik.

Sebagaimana penuturan Wawan Supriyadi  “ pemerintah desa Ngemplak atas keberhasilan dalam pengelolaan Pamsimas sejak tahun 2010 sehingga mendapatkan reward atau penghargaan dari pemerintah pertama bantuan dana alokasi khusus ( DAK ) 2012 sebesar Rp 88 juta dan tahun 2013 memperoleh penghargaan terbaik atas pengelolaan keuangan  serta PHBS nya sehingga berhak mendapatkan uang hibah insentive desa ( HID ) senilai Rp 200 juta “ kata pendamping teknis itu pada klaten info beberapa waktu lalu.

Perolehan HID yang cukup besar itu diakui Suro Witenang warga Ngemplak “ betul desa kami tahun 2013 memperoleh HID sebesar Rp 200.000.000,00 dari pemerintah karena dinilai berhasil dengan baik dalam pengelolaan Pamsimas serta PHBS “ kata anggota asosiasi BP SPAM korwil I yang mencakup wilayah Kemalang ,Karangnongko dan Manisrenggo itu.

Pemangku teknik lapangan itu menambahkan “ di desa ngemplak hingga kini ada 377 sambungan rumah ( SR ), walaupun pada awalnya tidak gampang meyakinkan warga untuk mendukung program ini “ jelasnya.

“ Namun setelah tahu bahwa dengan memasang SR ternyata lebih efisien dalam pengeluaran biaya pembelian air minum akhirnya yang tadinya ragu menjadi mantap dan menyusul warga yang telah lebih dahulu jadi pelanggan.

Saat belum pasang SR beli air satu truk tanki kapasitas 5.000 liter seharga Rp 65.000,00 paling lama bisa untuk satu bulan,sementara sekarang jauh lebih murah yakni harga per m3 hanya Rp 5.000,00 “ imbuhnya

“ Dan sekarang warga Ngemplak tak perlu lagi membeli air lewat jasa tanki air “ kata Suro memungkasi pembicaraan dengan klaten info.

Oleh : Kiswanto                                                                                                  

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info