PEMDES KADILAJO : SEMANGAT BENAHI GAPOKTAN KURANG BAIK SECARA NORMATIF - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PEMDES KADILAJO : SEMANGAT BENAHI GAPOKTAN KURANG BAIK SECARA NORMATIF

PEMDES KADILAJO : SEMANGAT BENAHI GAPOKTAN KURANG BAIK SECARA NORMATIF

Written By kiswanto adinegara on Senin, 25 Mei 2015 | 00.00



Kades Kadilajo memimpin rapat

Karangnongko ~ Berdasarkan peraturan Menteri Pertanian nomer 82 / 2013 tentang pedoman penumbuhan dan pengembangan kelompok tani ( Poktan ) dan gabungan kelompok tani ( Gapoktan ) , yang dimaksud gapoktan adalah kumpulan dari beberapa poktan yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi serta efisiensi usaha.

Menurut Suradi “ di desa Kadilajo sudah berdiri gapoktan beberapa tahun silam ,terdiri dari kumpulan tiga poktan yakni Tirto Nugroho,Tirto Kencono dan Tirto Lestari dengan ketua Jumbadi  yang berasal dari unsur pengurus poktan Tirto Kencono padukuhan Gereh “ katanya pada klaten info beberapa waktu lalu di kantornya.

Seiring dengan perkembangan zaman ,di desa Kadilajo mulai tahun 2013 telah tumbuh dua poktan yakni Sugih Mukti dan Tirto Mulyo ,sehingga seluruhnya ada lima poktan sementara 2 poktan terakhir belum bergabung menjadi gapoktan.

Dalam suatu rapat evaluasi pengelolaan Gapoktan Kadilajo PPL setempat mengatakan bahwa Gapoktan desa Kadilajo pernah memperoleh bantuan dana Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan ( PUAP ) sejumlah 100 juta rupiah sekitar tahun 2010 silam ,dan pengelolaannya dinilai kurang berjalan sebagaimana mestinya.Hal ini ditandai dengan tidak adanya rapat anggota tahunan ( RAT ) selama dua tahun terakhir “ demikian Okky SW menyampaikan dalam forum rapat sebelum PPL warga Sukoharjo , Sleman tersebut pindah ke kecamatan Gantiwarno.

Menurut informasi dari kades Kadilajo “ PPL desa Kadilajo saat ini dijabat Pak Supriyanto yang juga kordinator PPL di kecamatan Karangnongko, menggantikan Okky Satria Wibawa yang dipindah ke WKPP kecamatan Gantiwarno “ katanya saat ditemui klaten info.

“ Kami selaku penanggungjawab pengembangan poktan dan gapoktan di desa Kadilajo bersama PPL baru bersemangat akan membenahi pengelolaan poktan dan gapoktan yang dinilai kurang baik secara normatif . Kami agendakan dalam forum rembuk tani dan pembudidaya ikan yang rutin dilaksanakan setiap Rabu Pahing bertempat di balai desa nanti akan dibahas untuk mencari solusi terbaik    imbuhnya .

“ Sayang dua kali pertemuan kemarin tidak dapat berlangsung karena tingkat kehadiran pengurus poktan  dan gapoktan sangat rendah , untuk yang akan datang kami akan undang juga tokoh masyarakat yang peduli dan kompeten dibidang pertanian “

" Semoga PPL baru membawa semangat baru untuk memajukan petani di Kadilajo sehingga lebih sejahtera "  harapnya mengakhiri perbincangan.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info