VERIFIKASI ARAH KIBLAT SAAT MENTARI DIATAS KA’BAH TERHALANG MENDUNG. - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » VERIFIKASI ARAH KIBLAT SAAT MENTARI DIATAS KA’BAH TERHALANG MENDUNG.

VERIFIKASI ARAH KIBLAT SAAT MENTARI DIATAS KA’BAH TERHALANG MENDUNG.

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 29 Mei 2015 | 06.58


Gus Chafids pengasuh PP Al-Munawwir



Karangnongko ~ Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Kementerian Agama, Mukhtar Ali, bahwa berdasarkan data astronomi, Kamis (28/5/2015), matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB.

“Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Kabah,” jelas Muhtar Ali seperti dikutip kemenag.go.id, Rabu (27/5/2015).

Menurut Mukhtar, peristiwa semacam ini sering dikenal juga dengan nama Rashdul Qiblah, yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Sehubungan dengan hal  tersebut, K Muhammad Chafid Tanwir  Al-hafidz pengasuh ponpes Al-Munawwir desa Kadilajo,kecamatan Karangnongko berencana memverifikasi kesesuain arah kiblat untuk masjid Al-Munawwir dan Lailatul Qodar.

“ Kami sudah menyiapkan umba rampe untuk melakukan verifikasi kesesuaian arah kiblat untuk dua masjid yakni Al-Munawwir dan Lailatul Qodar , dan stand by beberapa saat sebelum pukul 16.18 WIB di kedua masjid itu “ kata Gus chafid pada klaten info ( 29/5 ) di kantornya.

Didampingi Gus Syaifulloh dan Wuryanto Nursalim kiai cucu mbah Munawwir itu mengatakan “ Rashdul Qiblah tidak dapat dilakukan pada pukul 16.18 WIB ,karena sejak beberapa saat hingga tepat waktu yang ditentukan matahari tidak kelihatan karena terhalang mendung “ imbuhnya .

Namun dari pada tidak melakukan sesuatu sama sekali akhirnya Tim Al-Munawwir melakukan pengukuran menggunakan kompas “ hasilnya insyaallah untuk arah kiblat masjid Al-Munawwir pas ,sedangkan untuk Lailatul Qodar kelebihan sedikit atau sekitar tiga derajat kebablasan keutara “ kata Gus Chafid  memungkasi pembicaraan dengan klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info