DI MAKAM TAMBAK GATI , DESA GUMUL GELAR NYADRANAN HARI INI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » DI MAKAM TAMBAK GATI , DESA GUMUL GELAR NYADRANAN HARI INI

DI MAKAM TAMBAK GATI , DESA GUMUL GELAR NYADRANAN HARI INI

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 13 Juni 2015 | 00.00



Menikmati makanan saat nyadranan di makam


Karangnongko ~ Di bulan Sya’ban disejumlah tempat utamanya ditanah Jawa lazimnya masih nguri-uri tradisi leluhur berupa kenduri nyadranan bertempat di tempat pemakaman umum atau sarean.

Demikian pula  di wilayah kabupaten kota bersinar Klaten ,salah satunya di padukuhan Tambak desa Gumul kecamatan Karangnongko.

Menurut penuturan Solikhin “ Sabtu Pon ,tanggal 13 Juni 2015 ( hari ini ) ,sekitar pukul 13.00 WIB di padukuhan Tambak ,desa Gumul tepatnya di TPU Tambak Gati akan diselenggarakan upacara ziarah kubur yang dikenal dengan nyadranan “ kata tokoh masyarakat muda saat ditemui klaten info di rumahnya.

“ Kenduri yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ruwah atau Sya’ban akan di sajikan sekurangnya  50 ambengan milik warga setempat beserta umba rampe akan di bawa ke komplek makam Tambak Gati untuk di pakai shodaqohan setelah dibacakan doa oleh Imam setempat “ ujarnya.

Pada saat nyadranan warga baik tua,muda dan anak-anak berkumpul bersuka cita setelah mendoakan arwah mendiang leluhur , kemudian makan bersama ,anak-anak sangat senang dengan adanya buah-buahan pelengkap sesaji kenduri.

Disamping acara kenduri ada juga tahlil yang digelar di serambi masjid  kuno At –Taqwa yang dibangun sejak zaman kolonial di padukuhan setempat,dipimpin oleh Kiai Khosim.

“Acara nyadran dijagaluruskan niatnya sebagai upaya mendoakan dan memintakan maaf atas dosa kesalahan para leluhur semasa hayatnya kepada Tuhan Allah SWT ,jadi bukan ritual musyrik di pekuburan yang ditengarai masih berjalan disejumlah tempat  “‘ pungkas Olix santri aktif PP Al-Munnir itu.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info