PT JOHNSON & JOHNSON INDONESIA KOLABORASI RSST KLATEN RANCANG SEMINAR PENATALAKSANAAN ANEMIA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PT JOHNSON & JOHNSON INDONESIA KOLABORASI RSST KLATEN RANCANG SEMINAR PENATALAKSANAAN ANEMIA

PT JOHNSON & JOHNSON INDONESIA KOLABORASI RSST KLATEN RANCANG SEMINAR PENATALAKSANAAN ANEMIA

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 12 Juni 2015 | 20.14


Anemia diketahui atas hasil laboratorium


Karangnongko ~ Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima dibidang kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro Klaten bekerjasama dengan PT Johnson & Johnson Indonesia akan menggelar seminar dalam minggu ini.

Menurut Utomo Suharyo sales manajer PT JJI, kami bekerjasama dengan RSST akan menggelar seminar dengan tema Penatalaksanaan Anemia pada pasien gagal ginjal kronik pada Minggu 14 Juni 2015, pukul 09.00 WIB hingga selesai bertempat di Rumah Makan Merapi Resto Jl Merapi Gayamprit ,kecamatan Klaten Selatan, dengan presenter dr Sapto Harsoyo, Sp.PD.KGH.K yang kompeten dibidangnya, ucap Utomo

Lebih lanjut Utomo menjelaskan, bahwa pemilihan tema sebagaimana diatas mengingat betapa vitalnya fungsi ginjal bagi kesehatan. Fungsi ginjal adalah ikut mengatur agar volume dan kadar bahan dalam cairan ekstraseluler tetap dalam batas normal.

Hal demikian akan dapat dicapai dengan cara pertama mengatur pengeluaran sisa metabolisme dan mempertahankan bahan yang berguna, kedua mengatur keseimbangan cairan elektrolit dan asam basa tubuh.

Disamping itu ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah ,eritropoiesis,metabolisme vitamin D dan beberapa fungsi endokrin lainnya.
 
Anemia sering terjadi pada sejumlah pasien dengan penyakit ginjal kronis ,bahkan mencapai angka 80 – 90 % pasien berpenyakit ginjal kronis mengalami anemia “ jelasnya.

Sementara kepala Instalasi Hemodialisa Tatik Handayani ( 45 ) mengatakan, Seminar ini merupakan salah satu bentuk edukasi dan pelayanan terbaik.

“ Acara ini merupakan pendidikan bagi pasien yang menjalani hemodialisa dan keluarganya agar memahami penatalaksanaan anemia secara tepat,” jelas Tatik saat ditemui  klaten info Jumat ( 12/6 ) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, undangan seminar tersebut sudah kami rancang dan tinggal peredaraannya saja.
“ Total peserta terundang mencapai 300 orang terdiri dari pasien dan pendamping atau keluarganya. Kami berharap semuanya dapat hadir di acara penting ini, namun demikian barangkali berbarengan dengan acara lain yang dinilai lebih penting, izin juga diperbolehkan ,” Pungkas perempuan yang juga dosen STIKES DUTAGAMA itu.

 Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info