BETONISASI TINGKATKAN JALAN RAYA NGENDO - PRAWATAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » BETONISASI TINGKATKAN JALAN RAYA NGENDO - PRAWATAN

BETONISASI TINGKATKAN JALAN RAYA NGENDO - PRAWATAN

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 15 Juli 2015 | 23.45



Jalan beton di Ngendo - Prawatan


Jogonalan ~ Sejumlah pihak berpendapat agar jalur jalan truk pengangkut galian golongan C awet tidak cepat rusak dibangun bukan dengan mengaspal namun dengan betonisasi.

Apakah dengan betonisasi jalan kelas III C kemudian untuk hilir mudik truk pasir bermuatan melampaui tonase ada jaminan tidak gampang jebol ?

Barangkali pemerintah sebagai regulator harus bersikap bijak dalam menyusun perencanaan pembangunan infrastruktur jalan  dan jembatan ,disertai pengawasan yang ketat menyangkut manajemen lalu lintas jalan.

Pasalnya biaya untuk peningkatan jalan dirasakan amat mahal ,tidak berbanding lurus dengan perolehan retribusi galian golongan C yang diraup pemerintah kabupaten Klaten.

Menurut pengamatan klaten info pemerintah kabupaten Klaten pada tahun anggaran 2015 melaksanakan kegiatan peningkatan jalan raya Ngendo – Prawatan atau jalan Kali Woro ,kecamatan Jogonalan sekitar 300 meter dengan betonisasi.

Selebihnya kondisi fisik jalan dari Ngendo – Joton – Nangsri – Manisrenggo rusak parah ,ditandai mengelupasnya aspal dan berlubang cukup lebar serta dalam ,sehingga menjadikan tidak nyaman dan aman para pengguna jalan.

Sumber dana yang dimanfaatkan APBD kabupaten Klaten dengan nominal Rp 777.283.000,00 ( tujuh ratus tujuh puluh tujuh dua ratus delapan puluh tiga ribu rupiah ).

Artinya  membangun setiap 1 meter jalan berbeton membutuhkan dana sebesar Rp 2.599.579,811 atau 2,5 juta rupiah lebih. Sementara pendapatan asli daerah kabupaten Klaten dari retribusi galian golongan C tidaklah impas untuk membangun dan memelihara jalan yang remuk akibat dilewati truk pasir.

Menurut skedul pembangunan jalan berbeton yang jauh lebih tinggi dibanding badan jalan semula rampung tanggal 19 Juli 2015 , artinya saat hari raya Idul Fitri jalan sudah dapat difungsikan sehingga membuat nyaman dan lancar perjalanan warga.

Penanggung jawab pembangunan jalan ini DPU Kabupaten Klaten dengan pelaksana CV Antar Design Klaten.

Menurut  Harjoko seorang warga Klaten “ saat ini eranya transparansi dan ada amanat UU terkait keterbukaan informasi publik ,namun masih saja dijumpai pelaksanaan sejumlah “ proyek “ tidak ada papan nama ,kalaupun ada namun sering tidak mencantumkan volume kegiatan “ katanya pada klaten info.

“ Dengan informasi lengkap yang tertulis pada plang untuk setiap jenis kegiatan rakyat dapat mengetahui dan ikut mengawasi pelaksanaanya agar hasilnya bagus , APBD kan uang rakyat “ pungkas Harjoko.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info