SEJUMLAH AYAM WARGA MATI MENDADAK DI MUSIM BEDHIDHING - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SEJUMLAH AYAM WARGA MATI MENDADAK DI MUSIM BEDHIDHING

SEJUMLAH AYAM WARGA MATI MENDADAK DI MUSIM BEDHIDHING

Written By kiswanto adinegara on Senin, 06 Juli 2015 | 05.32



Ayam jago milik warga


Karangnongko ~ Ditengah musim kemarau ini ,suhu terasa sangat dingin kendatipun siang hari.Bahkan menurut BMKG suhu terendah akhir-akhir ini hingga mencapai kurang dari 20 derajat celcius.Kondisi seperti ini lazim disebut musim bediding.

Menurut penuturan Ny Wanti warga Kadilajo “ kemarin seekor ayam jago kami tahu-tahu mati dikebun ,disamping itu empat ekor yang masih kecil juga mati secara mendadak “ katanya pada klaten info ( 6/7 ) di rumahnya.

“ Barangkali diserang flu burung “ imbuhnya.

Senada dengan Wanti , Ny Sardi masih tetangga berkata “ ayam jagoan kami juga mati empat ekor  secara serentak , dengan gejala dari lubang hidungnya sebelumnya keluar lendir “ saat ditemui klaten info.

Informasi yang dihimpun klaten info harga ayam yang mati berkisar antara Rp 25.000,00 – 150.000,00 per ekor,sehingga kerugian ditaksir mencapai jutaan ru.

“ Sebenarnya ayam-ayam itu akan kami jual sebelum mati , tetapi karena tidurnya diatas atau mlangkring sehingga sulit menangkapnya “ jelas warga kidul pasar Kembang itu.

Sedangkan Haryoko ( 61 ) peternak mandiri setempat mengatakan “ alhamdulillah semua ayam saya aman dari penyakit hingga saat ini ,pasalnya setiap empat bulan sekali kami vaksin “ infonya pada klaten.info.

“ Warga mestinya memelihara ayam jangan hanya dibiarkan begitu saja ,tanpa ada vaksinasi sehingga rentan diserang penyakit “ imbuhnya.

Saat ketua kelompok tani Tirto Mulyo desa Kadilajo yang membidangi tph dan peternakan dikonfirmasi mengatakan “ terkait dengan budidaya ternak unggas khususnya ayam yang baik kami jarang menerima penyuluhan “ aku Supriyadi  memungkasi perbincangan.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info