KONSULTAN KABUPATEN : " EMPAT TEMUAN PEMERIKSA PADA PELAKSANAAN PAMSIMAS " - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » KONSULTAN KABUPATEN : " EMPAT TEMUAN PEMERIKSA PADA PELAKSANAAN PAMSIMAS "

KONSULTAN KABUPATEN : " EMPAT TEMUAN PEMERIKSA PADA PELAKSANAAN PAMSIMAS "

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 13 September 2015 | 00.02



Mirza saat menjadi pemakalah pelatihan Pamsimas


Karangnongko ~ Pelaksanaan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis mayarakat ( Pamsimas ) di kabupaten Klaten telah dimulai sejak tahun 2008.

Pamsimas I dilaksanakan tahun 2008 – 2012 dan dilanjutkan pamsimas II tahun 2013 – 2016 ,hingga tahun ini total sudah 100 desa yang tersasar program ini.

Sebagaimana disampaikan Konsultan kabupaten Klaten Mirza Rofiq Effendi saat ditemui klaten info sebelum menjadi pemakalah dalam pelatihan teknik dan administrasi KKM dan satlak pamsimas 2 tahun 2015 di balai desa Kadilajo , Sabtu ( 12/9 ) pagi.

Lebih jauh dijelaskan bahwa berangkat dari program pamsimas diharapkan akan menjadikan masyarakat sehat dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan mereka.

Agar dalam pelaksanaan program pamsimas pada kluster yang terdiri dari desa Sapen kec manisrenggo,Sukorini kec Manisrenggo , Brajan kec Prambanan, Tambakan kec Jogonalan dan Kadilajo kec Karangnongko sebagai peserta pelatihan saat ini  berjalan lancar dan sukses harus belajar dari kekurangan masa lalu.

Menurut Mirza ada empat  temuan lembaga pemeriksa fungsional secara nasional meliputi :

Pertama seleksi desa sasaran tidak sesuai kriteria , kedua terjadi penyimpangan penggunaan dana misalnya permintaan komisi dan / uang ucapan terima kasih , ketiga menaikkan harga atau mark up dan keempat pengadaan material dan tenaga kerja bermasalah ,diantaranya adanya campur tangan pihak non masyarakat dalam pengadaan pipa.

Hasil temuan tersebut hendaknya diambil hikmahnya dan dijadikan referensi agar tidak dilakukan oleh satlak dan KKM pelaksana pamsimas,agar visi misi pamsimas tercapai.

Dan yang lebih penting adalah keberlanjutan program ini pasca perluasan dilakukan pada tahun perdana agar kemanfaatan pamsimas dirasakan warga masyarakat secara lestari , demikian penegasan Mirza mengakhiri ceramahnya dihadapan sekitar 75 orang audiens.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info