KADILAJO MELESTARIKAN TRADISI NYADRAN DI ERA KINI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » KADILAJO MELESTARIKAN TRADISI NYADRAN DI ERA KINI

KADILAJO MELESTARIKAN TRADISI NYADRAN DI ERA KINI

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 01 Juni 2016 | 06.56

Add caption


KARANGNONGKO ~ Bagi orang Jawa tentu sangat familiar dengan istilah nyadran atau sadranan merupakan tradisi turun temurun berupa kenduri yang diselenggarakan di areal makam leluhur pada bulan Sya'ban.

Hari Rabu ( 1/6 ) atau bertepatan dengan tanggal 25 Sya'ban ( Ruwah ) 1437 H warga RW I desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten  meyelenggarakan kenduri sadranan diikuti sekitar 150 orang warga Kadilajo dan sekitarnya demikian penuturan Wuryanto Nursalim sang rois kepada kontributor klaten,info .

Warga saat nyadran
Lebih jauh pemuda yang memperoleh amanah dari Mbah Wiryo Salim ( Alm ) yang dulu sebagai rois sekitar 5 tahun lalu ,tadi siang sekitar pukul 14.00 WIB memandu upacara nyadranan.

Setelah menyampaikan mukadimah ,maksud dan tujuan kemudian saya memimpin doa bersama untuk kebaikan arwah para leluhur diamini segenap hadirin ,dan sesudahnya terjadi rayahan alias rebutan ambeng dengan ubarampenya untuk dimakan dan sebagian dibawa pulang jelasnya.

" Di era kini yang serba modern tradisi nyadranan insyaallah akan terus dan tetap kami lestarikan " sebagaimana amanat dari Mbah Wiryo Salim dulu tegasnya.

Upacara berjalan hikmat dan lancar serta gayeng dengan berebutnya sesajen yang dibawa masing-masing peserta ,baik anak-anak,muda mudi , serta orang tua semuanya suka cita.

Wuryanto NS (kanan)
Joko Sriyanto ketua aliansi pemuda Kadilaju berharap dan setuju jika tradisi nyadranan semacam ini terus dilestarikan dari generasi ke generasi katanya.

Mengakhiri perbincangan Wuryanto berharap kedepan tradisi nyadranan ini menjadi event tahunan yang dikemas lebih baik , sementara ini terkendala tempat untuk menggelar kenduri yang masih menempati jalan timur makam harus ditutup saat acara berlangsung.

Kalau ada warga yang sadar dan ikhlas mewakafkan sebagian lahannya barangkali dari  keluarga Bp Sardju ( Alm)  yang berdekatan dengan makam untuk arena pergelaran nyadranan secara permanen akan lebih baik mengingat  pesertanya kian bertambah.(Kis12/06/16)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info