KETUA RW I KADILAJO PEROLEH HAK PAKAI TANAH WARGA UNTUK BANGSAL NYADRANAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » KETUA RW I KADILAJO PEROLEH HAK PAKAI TANAH WARGA UNTUK BANGSAL NYADRANAN

KETUA RW I KADILAJO PEROLEH HAK PAKAI TANAH WARGA UNTUK BANGSAL NYADRANAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 08 Agustus 2016 | 01.00

 
Saat Bu Tatik ikrar Penyerahan kepada ketua RW I

KARANGNONGKO ~ Tradisi yang telah membudaya dimasyarakat Jawa salah satunya adalah kenduri nyadranan yang lazim dilaksanakan pada bulan Ruwah atau Syaban saban tahun menjelang Ramadan tiba.

Sebagaimana yang masih terjadi di padukuhan Kadilaju, desa Kadilajo , kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten hingga tahun 1437 H / 2016 M keamarin.

Dikatakan Wuryanto Nursalim selaku rois alias pemandu sekaligus pelantun doa saat acara nyadran berlangsung bahwa zaman dahulu acara nyadran dilakukan seluruh warga padukuhan Kadilaju berlokasi di kebun Alm mBah Redjoso yang luas dan teduh atas naungan rimbunnya rumpun bambu, hal tersebut  dibenarkan Mbah Wiryo Sidoel ( 85 tahun ) yang tinggal di dekat bekas lokasi tersebut.

Agus , Wiryo & Susanto Lihat Patok Batas ( Foto Kis)
Acara nyadranan sempat surut kendati belum dikatakan hilang lima tahunan kebelakang , namun sekitar 3-4 tahun terakhir pesertanya mulai berkembang bahkan untuk bulan Ruwah kemarin dihadiri ratusan orang bahkan sejumlah peserta datang dari padukuhan lain yang memiliki leluhur yang berada di TPU Kadilaju.

Nyadranan merupakan kemasan paket acara ziaroh kubur yang disertai sodaqoh untuk mendoakan arwah leluhur agar diampuni dosa kesalahan diterima amal kebaikannya oleh Allah SWT , untuk meneguhkan keimanan peziarah agar senantiasa ingat mati ,serta untuk silaturahim dalam pergaulan dengan sesama.

Kendala yang ditemui dalam penyelenggaraan upacara nyadranan bersama adalah keterbatasan lahan , sehingga beberapa tahun belakangan digelar di jalan depan pintu gerbang makam sebelah timur dan sebagian di kebun Wito Utomo, sehingga kurang nyaman dan representatif untuk mencapai hikmat dalam berdoa.

Barangkali pengurus RW I dan warga masyarakat padukuhan Kadilaju boleh bernafas lega karena kedepan bisa melakukan nyadran dan mujahadahan bersama saban Ruwah ditempat yang representative,pasalnya  ada salah satu warga yang merelakan secara gratis sebagian lahan kebunnya digunakan untuk kepentingan sosial budaya masayarakat RW I dalam jangka waktu tidak terbatas.

Sebagaimana dikatakan Ibu Tatik anak perempuan Alm Pak Sardju atas nama keluarga besarnya telah menyampaikan ikrar penyerahan hak pemakaian tanah seluas sekitar 4 x 12 meter berada di pojok kidul kulon yang berbatasan dengan makam  untuk dibuat bangunan sarana nyadranan berupa bangsal dan fasilitas penunjangnya secara lisan kepada ketua RW I Susanto disaksikan Agus Sumedi ( Kadus I ) dan Kiswanto ( Dewan Penasehat RW I ) di rumah peninggalan Alm Pak Sardju Minngu Wage ( 7/8) dilanjutkan pengukuran dan penetapan lokasi.

Penetapan /Pengukuran Lokasi
Penetapan dan pengukuran lokasi dilakukan bersama bu Tatik , Susanto ,Agus Sumedi , Kiswanto serta Sukiyo ,sehubungan dengan pekarangan sebelah selatan berbatasan dengan pemilik lain  yakni Mbah Wiryo Sidoel maka laki-laki sepuh dan suka cukur plonthos itu dihadirkan untuk menyaksikan serta mengiyakan pematokan.

Mbah Wiryo  bahkan menyarankan kelak dapuran pring miliknya yang dinilai mengganggu bangsal agar dirombak dan dibersihkan saja saya ikhlas dan mengizinkan katanya 

Kami sekeluarga ikhlas memberikan hak pemakaian sebidang tanah pekarangan tersebut secara cuma-cuma untuk kepentingan sosial budaya masyarakat RW I Kadilajo ,agar bermanfaat dan lingkungan kelihatan regeng dan bersih kata perempuan kelahiran Gayamprit yang tinggal di Pasung kecamatan Wedi kabupaten Klaten itu saat ditemui klaten info di lokasi RT 02 RW I desa Kadilajo Minggu Wage ( 7/8 ) sekitar pukul 10.00 WIB .

Untuk kepentingan perlindungan amanah Bu Tatik kepada ketua RW I dari pihak -pihak tertentu dalam jangka panjang bahkan waktu yang tidak terbatas maka ikror ini dalam waktu dekat akan dibuat secara tertulis berupa Surat Pernyataan Pemberian Hak Pemakaian Tanah Pekarangan Untuk Sarana kegiatan sosial budaya masyarakat diatas meterai ,disaksikan sejumlah pihak dan diketahui kepala Desa Kadilajo.

Dengan kejelasan status tanah untuk sarana nyadranan maka pihak RW I akan segera merencanakan pembangunan bangsal beserta fasilitas penunjangnya dengan menggali dana dari berbagai sumber termasuk usulan agar memperoleh pembiayaan dari APBDes Kadilajo kedepan.

Menurut Dewan Penasehat RW , untuk kepentingan penyusunan naskah surat Pernyataan tersebut agar valid diperlukan data dari foto copy KTP bu Tatik serta foto copy sertifikat hak milik atas pekarangan yang tanahnya sebagian di serahkan kepada ketua RW I untuk hak pakai dalam jangka waktu tidak terbatas secara gratis itu.

Susanto selaku ketua RW I mengatakan siap menerima dan memanfaatkan tanah itu untuk kepentingan sosial budaya masyarakat dengan sebaik-baiknya dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bu Tatik beserta keluarga besarnya

by Kiss Adinegara

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info