BP-SPAMS TIRTO TANJUNG AKAN PUTUS SAMBUNGAN RUMAH PENUNGGAK IURAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » BP-SPAMS TIRTO TANJUNG AKAN PUTUS SAMBUNGAN RUMAH PENUNGGAK IURAN

BP-SPAMS TIRTO TANJUNG AKAN PUTUS SAMBUNGAN RUMAH PENUNGGAK IURAN

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 21 September 2016 | 19.02

Rapat Kordinasi BP SPAMS, KKM dan Pemdes ( 21/9 )

KARANGNONGKO ~ Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas ) II tahun 2015 di Kadilajo ,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten telah diserahterimakan dan kini dikelola oleh Badan Pengelola sarana  Program Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Tirto Tanjung.

 Menurut informasi yang dihimpun klaten info sejatinya Pamsimas di desa Kadilajo cukup baik sejak perencanaan , pelaksanaan hingga pasca proyek diserahkan. Indikator keberhasilan itu dengan mulusnya audit pelaksanaan program oleh BPKP DIY serta dapat berfungsinya penyediaan air minum bertarif murah bagi para pelanggan.

Namun demikian menurut Maryadi selaku ketua Badan Pengelola sarana  Program Air Minum dan Sanitasi ada masalah terkait dengan pengelolaan air minum ini ,yakni adanya 24 orang pelanggan yang sejak April 2015 belum membayar iuran sama sekali.

Tarif air minum yang berlaku di desa Kadilajo tergolong sangat murah , yakni untuk penggunaan 0 sd 20 meter kubik / bulan  iuran Rp 1.000,00 / m3 ,sedangkan  yang lebih dari 20 m3 / bl tarifnya Rp 1.500,00/m3 . Murahnya tarif ini mengingat operasional pengelolaan air minum menggunakan sistem gravitasi sehingga dapat mengurangi beban biaya operasional rutin.

Kami sudah melakukan pendekatan kepada sejumlah pelanggan yang kurang mau mengerti kewajiban untuk membayar iuran yang telah ditetapkan dalam AD / ART beberapa kali namun mereka tetap saja tak bergeming.

Alasan yang disampaikan kurang logis dan mendasar diantaranya keraguan validitas alat ukur atau meteran terpasang , tekanan air kurang , volume penggunaan air yang banyak , hingga program bantuan kok warga diminta swadaya dan iuran.

Pelanggan yang bermasalah sejumlah 12.63 % dari total pelanggan 190 itu kebetulan sebagian besar berada di padukuhan Margorejo yang merupakan lokasi ujung selatan sekitar 4 km dari  sumber air Kali Tanjung.

Sementara pelanggan yang lain 166 SR ( 87,37 % ) dapat memenuhi kewajibannya setelah menerima haknya secara baik tanpa ada masalah.

Setelah berbagai upaya penjelasan , pendekatan dan musyawarah dilakukan tidak ada itikad baik sehingga BP SPAMS mengeluaran surat peringatan ke 1 dan kedua, hingga terakir permintaan konfirmasi setelah adanya tenggang waktu toleransi hingga Rabu ( 21/9 ) maka karena tidak satupun penunggak hadir di Balai Desa Kadilajo maka diputuskan akan segera dilakukan pemutusan SR sementara bagi para penunggak iuran tersebut.

Perlu Shock Teraphy bagi penunggak
Dalam rapat kordinasi BP SPAMS , KKM dan Pemdes Purdadi selaku wakil pemerintah desa Kadilajo menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah BP SPAMS untuk melakukan penertiban pelanggan yang tidak mau memenuhi kewajibannya sesuai aturan yang berlaku.

Demikian pula Nur Setya Wibawa selaku kordinator KKM menilai perlu dan mendesak dilakukannya penegakkan aturan main demi keadilan bagi seluruh pelanggan air minum di desa Kadilajo.

Dan langkah ini merupakan shock therapy bagi yang tidak taat aturan agar BP SPAMS tidak dianggap kurang tegas dan profesional dalam mengelola air minum di Kadilajo imbuh anggota KKM lainnya.

By Kiss/09/2016
  
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info