GARA-GARA HUJAN RUGIKAN PENGUSAHA OLAHAN GADUNG - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » GARA-GARA HUJAN RUGIKAN PENGUSAHA OLAHAN GADUNG

GARA-GARA HUJAN RUGIKAN PENGUSAHA OLAHAN GADUNG

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 25 Oktober 2016 | 20.54

Jemuran Olahan Gadung Yang terkendala Hujan


KARANGNONGKO ~ Menurut Badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) tahun 2016 merupakan tahun kemarau basah ,dimana bulan-bulan yang lazimnya kering namun masih sering turun hujan.

Menurut pengamatan klaten info sepanjang tahun ini nyaris tidak ditemui bulan kering secara total , dan bahkan disusul memasuki musim penghujan.

Fenomena ini dinilai merepotkan dan berpotensi merugikan pengusaha olahan gadung yang perlu paparan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk mengeringkannya.

Sebagaimana di keluhkan Maryadi wah menjemur gadung belum kering malah hujan seharian kata pengusaha pengolahan gadung di padukuhan Grenjeng, desa Kadilajo,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten , Jawa Tengah  kepada klaten info ( 25 /10 ) .

Selama tahun kemarau basah ini kalau dikumpulkan kerugian akibat olahan gadung tidak kering sehingga rusak nilainya mencapai Rp 2 juta lebih .

Dikatakan lebih lanjut pernah mencoba menggunakan oven untuk mengeringkan gadung rajangan ketika tak ada panas matahari ternyata kualitas produk kurang baik yakni tidak bisa mengembang ketika digoreng.

Hingga saat ini belum ditemukan solusi yang tepat , salah satu upayanya anjang ditaruh dalam rumah dan tidak ditumpuk serta sering dibolak-balikan.

Disamping itu yang jelas saya hanya pasrah kepada Gusti Allah SWT dan berdoa agar tidak hujan setiap hari supaya diberikan panas matahari sepanjang hari untuk memperoleh produk olahannya berkualitas baik sehingga tidak merugi.

Kegiatan ini merupakan usaha turun temurun dari nenek moyang yang terus digeluti hingga kini jelasnya memungkasi perbincangan .

by Kiss / 10 / 2016 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info