PENGURUS RW DAN TOMAS WILAYAH KADUS I KADILAJO MUSYAWARAH KELOLA MAKAM JADI LEBIH BAIK KEDEPAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PENGURUS RW DAN TOMAS WILAYAH KADUS I KADILAJO MUSYAWARAH KELOLA MAKAM JADI LEBIH BAIK KEDEPAN

PENGURUS RW DAN TOMAS WILAYAH KADUS I KADILAJO MUSYAWARAH KELOLA MAKAM JADI LEBIH BAIK KEDEPAN

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 27 Oktober 2016 | 06.37

 
Susanto ketua ( kanan ) , penasehat RW ( tengah ) , Giyarno ( RT ) saat  Musyawarah di Makam Kadilajo

KARANGNONGKO ~ Tidak berbanding lurusnya antara laju pertambahan jumlah penduduk dengan luas makam atau tempat pemakaman umum ( TPU ) menginspirasi untuk dilaksanakannya pengelolaan makam secara baik dan benar.

Di wilayah padukuhan I desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko yang terdiri dari RW 01 dan 02 meliputi dukuh Kadilaju , Kalikajar dan Gempol memiliki TPU yang berlokasi di wilayah RT 02 RW 01 Kadilaju yang kian hari dirasa belum dikelola secara baik untuk jangka panjang.

Iwan W ( kanan ) , Suwito ( tengah ), &  Ratman
Menurut waka RW I Iwan Wijayanto saat mendamping Susanto sang ketua bahwa agar pemanfaatan tanah makam yang terbatas dapat tertib  dan  teratur diperlukan kesepakatan dan pelaksanaannya diserahkan pada pengurus demikian prakata dalam forum musyawarah di TPU ,Minggu Wage pagi lusa.

Musyawarah dihadiri Kadus I  Agus Sumedi  , ketua dan waka RW I Susanto dan Iwan Wijayanto , ketua RW II Nur Setya Wibawa , penasehat RW Kiswanto , ketua RT wilkadus I serta sejumlah sesepuh serta tokoh masyarakat.

Draft rancangan kesepakatan yang dibahas dan akan diimplementasikan diantaranya makam bebas cungkup , jika memasang nisan dengan memanfaatkan tanah seperlunya , pemakaman jenazah dari luar daerah wajib lapor pengurus dan dikenakan kontribusi guna pemeliharaan makam , bagi warga baru yang bermukim di wikadus I dikenai kontribusi dana pembangunan RT /RW serta nisan-nisan tak bertuan dalam jangka waktu tertentu akan ditertibkan.

Demi kelancaran pelaksanaan pengelolaan TPU dibentuk pengurus diketuai Suwito , bendahara Purwadi , sekretaris dengan humas dari perwakilan masing-masing dukuh Kadilaju , Kalikajar dan Gempol.

Dalam kesempatan musyawarah  penasehat mengapresiasi penertiban pengelolaan makam menuju terwujudnya Kadilajo hari esok lebih baik dan meminta memegang prinsip kehati-hatian dalam implementasi hasil kesepakatan dilapangan , mengingat makam merupakan peristirahatan terakhir jazad sanak saudara bahkan nenek moyang selaku leluhurnya yang saban waktu didoakan saat ziaroh kubur.

Diharapkan pengelolaan makam yang merupakan tanah milik desa ( kas desa ) ini kedepan diatur berdasarkan produk hukum dari pemerintahan desa berupa peraturan desa ( perdes ) demikian harap penasehat.

by Kiss / 10 / 2016
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info