BUDAYA ' SAMBATAN ' MASIH ADA DALAM BEDAH RUMAH KURANG LAYAK HUNI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » BUDAYA ' SAMBATAN ' MASIH ADA DALAM BEDAH RUMAH KURANG LAYAK HUNI

BUDAYA ' SAMBATAN ' MASIH ADA DALAM BEDAH RUMAH KURANG LAYAK HUNI

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 06 November 2016 | 18.06

 
Sambatan Mbongkar RKLH untuk di Rehab

KARANGNONGKO ~ Salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warga kurang mampu adalah pemberian insentive untuk membedah rumah kurang layak huni menjadi wisma layak dan sehat.

Sebagaimana yang terjadi di desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten dimana masih terdapat sejumlah rumah warga berkategori kurang mampu yang dinilai kurang layak huni dan menjadi sasaran pemugaran atau pembedahan tahun 2016 ini.

Dikatakan Suparno Welly untuk desa Kadilajo ada 10 rumah dengan distribusi untuk wilayah Kadus I Kadilajo mendapat alokasi 9 ( sembilan)  rumah dan Kadus III  Jelok satu unit rumah

Untuk dilakukan rehab atau perbaikan ,dengan stimulan dari pemerintah kabupaten Klaten sekitar Rp 8 jutaan per unit namun diwujudkan material seperti pasir , batako , semen , besi cor , kayu , buis beton dan kosen pintu maupun cendela kata anggota Kelompok Tanggap Bencana ( KTB ) kepada klaten info.

Di jelaskan Wuryanto Nursalim untuk bedah rumah tahun ini RW I dapat jatah 9 unit rumah  yang akan dibedah yakni di RT 01 rumah milik Marno , Gandul , Rukimin ( Alm )  , Parno dan Mbok Wongso ,sedangkan untuk RT 02 rumah milik Wuryanto , Sugi , Wito Utomo ( Alm ) dan Wagiyo kata pengurus RW seksi kesejahteraan sosial itu pada klaten info

Minggu Kliwon ( 6/11 ) pagi sudah dimulai dengan sistem sambatan warga sekitar mulai membongkar rumah alm Rukimin di RT 01 secara bersama-sama.

Budaya gotong royong yang lazim disebut sambatan ini masih ada dan kental dengan prinsip saling membantu utamanya kepada warga yang dipandang kurang mampu.

Apalagi bedah RKLH yang hanya memperoleh stimulan senilai Rp 8 juta yang diwujudkan bahan bangunan , jelas akan kurang jika dicakke sehingga bisa berdiri rumah kecil sederhana layak huni imbuh Wuryanto.

Iwan Wijayanto selaku waka RW I berharap pelaksanaan bedah rumah dilaksanakan secara sambatan dapat berjalan lancar menghasilkan rehaban  rumah yang bakoh dan bermanfaat.

by Kiss / 11 / 2016



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info