EKSISTENSI PONPES AL MUNAWWIR NDLAJO DIBUAT FILM DOKUMENTER - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » » EKSISTENSI PONPES AL MUNAWWIR NDLAJO DIBUAT FILM DOKUMENTER

EKSISTENSI PONPES AL MUNAWWIR NDLAJO DIBUAT FILM DOKUMENTER

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 11 November 2016 | 19.09


Proses Shooting di Lapangan

KARANGNONGKO ~ Sering kita dengar ungkapan bijak bahwa bangsa yang besar adalah sebuah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawannya.

Ungkapan bestari itu tidak bisa lepas dengan sejarah masa lalu yang otentikasinya dijamin shahih.Salah satu kevaliditas dan keshahihan sebuah sejarah diantaranya didukung adanya dokumentasi yang memadai baik berupa buku , catatan , foto , hingga film dokumenter.

Crew Film Dokumenter
Terkait dengan penyediaan dokumentasi dari berdirinya Ponpes Al Munawwir Ndlajo yang berlokasi di padukuhan Kadilajo ,desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten sejak tahun 2004 hingga dua belas tahun berjalan ini maka dibuatlah film dokumenter.

Menurut Vedy Santoso selaku sutradara merangkap produser didampingi sejumlah crew diantaranya Sufyaan Atsaury , Fuad , Fadlun Haryadi , Irfan Sahab Nuryudi serta Dicky selaku astrada , film dokumenter ini dipilih judul HIJRAH .

Film ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan awal perjalanan perjuangan masyarakat Kadilajo untuk menjadi masyarakat yang tumbuh agamis , selanjutnya berdiri sebuah pondok pesantren Al Munawwir yang didapuk sebagai Pusat Pengetahuan dan Kemasyarakatan Islam ( Islamic Center of Knowledge and Social Responbility ) katanya saat ditemui klaten info.

Ditambahkan Fuad awalnya kami hanya akan membuat profil Ponpes Al Munawwir Ndlajo , namun setelah dipikir -pikir kok mertanggung ,agar lebih baik maka ditingkatkan menjadi sebuah film dokumenter.

Asumsi tenggat waktu pembuatan film dibutuhkan waktu satu bulan jika lancar , dan alhamdulillah saat ini sudah masuk proses editing imbuhnya.

Sekilas kronologi perjalanan panjang masyarakat Kadilajo yang kehidupan sosial , ekonomi dan budayanya lekat dengan tradisi masa lalu sekitar tahun 1960 an ,untuk menjadi masyarakat agamis selama setengah abad lebih ( 56 tahun ) diawali dibangunnya Masjid Lailatul Qodar ( MLQ )  oleh alm Mbah Ardjopawiro.

MLQ dibangun dan diresmikan pada 10 Oktober 1967 atas prakarsa dan biaya pribadi pada tanah pekarangan yang diwakafkan yang merupakan tonggak sejarah dicanangkannya sebuah perubahan fodamental menuju masyakat agamis kedepan.

Baru kemudian seiring bangkitnya kesadaran sebagian besar  masyarakat akan agama Islam yang dipeluknya  Masjid cikal bakal Ponpes Al Munawwir dibangun secara swadaya diatas tanah wakaf dari Alm Soeharno bin Pantjadimedja Kalikajar seluas 3.645 meter persegi pada tahun 2004.

Hingga saat ini Ponpes Al Munawwir Ndlajo telah eksis dan berkembang secara baik dan signifikan dibawah pengasuhan Kiai Muh Chafidh Tanwir cucu Mbah Moenawwir Alm pendiri Ponpes Al Munawwir Krapyak Jogjakarta. 

by Kiss/11/2016




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info