WARGA KADILAJO GOTONG ROYONG BANGUN BANGSAL NYADRANAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » WARGA KADILAJO GOTONG ROYONG BANGUN BANGSAL NYADRANAN

WARGA KADILAJO GOTONG ROYONG BANGUN BANGSAL NYADRANAN

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 16 November 2016 | 18.39

 
Bersama Warga Gotong Royong Bangun Bangsal

KARANGNONGKO ~ Budaya gotong royong ternyata ditengarai sudah mulai luntur disejumlah daerah.Namun di wilayah padukuhan 1 desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko ,kabupaten Klaten budaya gotong royong atau yang sering dianalogikan dengan kerja bakti masih hidup dan bisa ditemui hingga saat ini.

Kegiatan yang lazim dikerjakan secara gotong royong diantaranya pembersihan jalan lingkungan , pemakaman umum , saluran irigasi , kali , sumber air , pembongkaran rumah warga , kegiatan hajatan dan hal-hal yang menyangkut kepentingan umum lainnya.

Menurut penjelasan Susanto ketua didampingi penasehat  RW I desa Kadilajo kami bersama warga pemanfaat makam umum Kadilajo yang terdiri dari wilayah RW 01 dan 02 mengadakan gotong royong Minggu ( 13/11 ) untuk persiapan pembangunan Bangsal Nyadranan di dekat makam.

Sekitar 75 orang hadir sejak pukul 6.30 WIB berasal  dari dukuh Gempol , Kalikajar dan Kadilaju masuk wilkadus satu , jenis kegiatan yang dilakukan diantaranya mendongklak tunggak bambu untuk pelebaran jalan , bersih-bersih lokasi calon bangunan bangsal , pemecahan batu kali untuk pondasi serta penggalian lubang pondasi yang juga batas dengan pekarangan warga.

Kegiatan ini yang pertama dan akan dilanjutkan menunggu jadwal disusun dulu dengan pembagian kehadiran warga dalam gotong royong dibagi tiga kelompok yakni pertama  RT 01 digabung dengan RT 03 , kedua khusus RT 02 dan ketiga kelompok RT Kalikajar dan Gempol.

Ditambahkan Iwan selaku waka RW I bahwa biaya pembangunan bangsal ini berasal dari swadaya murni masyarakat di kodinasi masing-masing ketua RT setempat , kewajiban iuran dari masing-masing RT disetor ke bendahara Pengurus Makam Purwadi atau Suwito selaku ketua katanya kepada klaten info.

Pembangunan bangsal berukuran sekitar  4, 5 m x 12 meter ini memanfaatkan lahan pekarangan milik keluarga Pak Sardju Alm yang dipinjampakaikan kepada pengurus RW I desa Kadilajo secara cuma-cuma dalam jangka waktu yang tak terbatas imbuhnya.

Diharapkan nyadranan tahun depan ( 2017 ) bangsal sudah bisa digunakan , dan barangkali akan diresmikan pemanfaaatannya oleh Camat Karangnongko dalam bingkai acara peringatan HUT RI ke 72 , semoga.

by Kiss/11/2016
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info