WARGA DUKUH " GEMPOL" POLANHARJO GUMREGAH MAJU - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » WARGA DUKUH " GEMPOL" POLANHARJO GUMREGAH MAJU

WARGA DUKUH " GEMPOL" POLANHARJO GUMREGAH MAJU

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 27 Juli 2018 | 06.07


KADILAJO ~ Dukuh Polanharjo sejatinya sejak zaman nenek moyang bernama Gempol atas kearifan lokal pada saat itu.

Gempol merupakan sebuah dukuh cilik berada di pinggir kali Gedhe sebelah barat laut dukuh Kalikajar dalam wilayah Dusun I desa Kadilajo kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten.

Nama Polanharjo diperkirakan muncul sekitar awal  tahun 1970 an diera pemerintah desa Kadilajo dipimpin R Soegito yang merupakan Lurah ke tiga sesudah Marto Wijoyo dan Sastro Suwignyo.

Diduga karena minimnya pengetahuan tentang dunia flora, Gempol yang sejatinya nama pohon berbahasa latin Nauclea Orientalis Sp.  saat itu diterjemahkan identik dengan nama kotoran kuda sehingga konotasinya jorok sebagaimana dituturkan mbah Marjo Umar Suhuddi ( 77 tahun) sesepuh yang tinggal di dukuh kecil itu.

Menurut Sukini Raharjo ( 66 tahun)  warga asli Kalikajar yang lama merantau di Lampung menuturkan bahwa bagi generasi tua terkait nama dukuh cilik tersebut tahunya ya Gempol bukan yang lain.

Jumlah KK yang mendiami dukuh Gempol Polanharjo minimalis hanya 11 kepala keluarga namun berdiri sebagai sebuah RT tersendiri masuk wilayah RW 02 desa Kadilajo.

Justru karena jumlah warganya sedikit relatif lebih mudah dikompakkan untuk maju dibandingkan dengan sebuah RT yang jumlah warganya banyak.

Sukiman didampingi Sular selaku tokoh masyarakat Gempol mengatakan bahwa warganya gampang diajak musyawarah dan kompak membangun dukuhnya.

Kami bangga warga Gempol gumregah dan semangat usung perubahan menuju Kadilajo hari esok lebih baik.

Di samping telah mengaspal jalan masuk dukuh, membuat gapura selamat datang juga memasang tanda pengenal dukuh dengan bahan batu bertuliskan POLANHARJO disamping gapura bercat merah itu.

Tokoh masyarakat itu juga menyampaikan ide terkininya yakni akan membangun gudang penyimpan perkakas inventaris RT di sebuah lahan kosong milik seorang warga setempat,mengingat jika dititipkan dirumah warga sudah tidak tetampung lagi.

Gumregah dan semangat untuk maju di dukuh mini bernama Gempol Polanharjo ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi dukuh lainnya di Kadilajo khususnya dan masyarakat Klaten umumnya.

Cilik kompak, kreatif dan ingin maju, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

By @kiss
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info