HIRUK PIKUK JALAN AMARTA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » HIRUK PIKUK JALAN AMARTA

HIRUK PIKUK JALAN AMARTA

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 19 Agustus 2018 | 07.08



Sebuah Renungan

_Jangan asal menuduh tanpa bukti yang jelas_

Sejak pengecoran jalan Pasar Kembang ketimur dimulai pertengahan Juni lalu, arus lalu lintas dialihkan total lewat jalan Amarta yang membelah padukuhan Kadilajo yang terbagi dalam tiga RT.

Dengan demikian jalan yang semula merupakan jalan desa ditengah pemukiman itu menjadi bising, padat dan ramai lalulalang truk pengangkut galgol c sepanjang hari, full 24 jam.

Kondisi fisik jalan Amarta tengah Ndlajo yang rusak parah, berlubang, ambles dan berdebu secara umum berdampak buruk pada lingkungan, utamanya warga yang bermukim dipinggir jalan dan umumnya warga Kadilajo.

Suasana jadi tidak nyaman, aman dan sehat lagi karena ratusan truk hilir mudik bising suara klakson, rem, mesin serta  sering suara dahsyat ban meletus disertai banyaknya debu beterbangan.

Apalagi di Dul Ndlajo ada tikungan tajam diikuti pertigaan bersudut sekitar 45 derajat sehingga sering terjadi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas di titik ini.

Akibatnya muncul inisiatif sejumlah warga RW 01 desa Kadilajo menjadi relawan mengatur lalu lintas di spot rawan macet dan laka itu sambil menerima imbalan uang seikhlasnya dari sopir truk yang melintas.

Sebagaimana pengakuan  salah warga yang tinggal ditepi jalan dan sekaligus sebagai pengguna jalan merasa senang dan terbantu keluar masuk melintasi jalan yang ramai macet dan rawan laka itu.

Tepatnya lupa suatu malam ada informasi kalau relawan berhenti beraktivitas, dan kemudian kami  cari info pada salah satu warga yang juga ikut kegiatan disitu jawabannya " ada orang tidak senang lapor pada aparat (polres), sehingga saat sejumlah warga menjadi relawan didatangi dan diminta menghentikan aktivitas ini"  jawabnya pada Klaten info.

Selang seminggu jeda terlihat sejumlah warga aktif kembali jadi relawan mengatur lalu lintas sambil mencari dana untuk peringatan HUTRI ke 73 kabarnya.

Aneh dan sungguh mengejutkan ketika ada kabar dari narasumber terpercaya bahwa ada sejumlah oknum warga yang melontarkan tuduhan pada seseorang warga  bahwa yang melaporkan ke aparat itu adalah dia , masyaallah,anehnya tanpa bukti dan saksi yang jelas.

Hasil investigasi Klaten info pada tokoh pemuda setempat yang jujur dan lugas menjelaskan

Logikanya, orang yang melaporkan itu tentu memiliki alasan kuat merasa tidak senang dan atau dirugikan atas aktivitas relawan itu. Atau inisiatif aparat keamanan yang secara langsung menjumpai aktivitas tersebut dan dinilai tidak sesuai aturan yang berlaku.

Kalau dia saya jamin tidak berbuat semacam itu, karena tidak logis  apa motivasi dan untungnya melaporkan?

Dia tidak merasa keberatan dan terganggu aktivitas tersebut bahkan merasa butuh dan senang karena terbantu keluar masuk rumah setiap hari menggunakan kendaraannya Sehingga demi Allah saya yakin tidak pernah melaporkannya tuturnya bersemangat

Saya ikut  emosional mendengar informasi yang menjurus kefitnah dan pencemaran nama baik ini,karena tuduhan itu tanpa dasar dan fakta yang jelas serta kuat.

Sembari menunggu perkembangan saya berharap peran ketua RW 01 Kadilajo dapat segera merespon positif fenomena yang mengarah terjadinya kurang harmonisnya hubungan antar warga atas fitnah ini cepat tuntas, adil dan jelas.

Yang perlu diingat jangan gegabah mengkambinghitamkan seseorang atas suatu masalah tanpa bukti yang kuat, karena akan berlaku  *mulutmu harimaumu*, maka jangan ada kelicikan, dendam, iri hati kemudian provokasi untuk melahirkan kebencian dan fitnah keji.

Seorang pemuda yang ikut serta dalam kegiatan relawan juga menjamin kalau yang melaporkan bukan warga setempat tapi orang lain yang merasa dirugikan.

Mari kita bina hubungan baik antar warga tanpa syak wasangka, dengan positif thinking dan klarifikasi secara langsung jika ada persoalan agar segera selesai secara baik dan transparan.

Saya jadi gak enak kalau ada fitnah pada seseorang warga sendiri, karena menuduh tanpa bukti itu bisa jadi pencemaran nama baik seseorang. Jangan mudah diprovokasi  seseorang yang berwatak mirip sengkuni

Kita semua bisa berperan aktif dalam proses penyelesaian masalah ini, kemudian ambil hikmahnya agar kedepan tidak terulang lagi.

Sembari berdoa mohon keridhoan dan barokah dari Alloh SWT demi terwujudnya Kadilajo yang damai dan sejahtera lahir batin

Mari kita usung semangat perubahan menuju Kadilajo hari esok lebih baik

Berangkat dari masing masing pribadi, diri sendiri kemudian ajak sanak saudara dan handai taulan seluruh warga masyarakat.

Demikian pernyataan sikap narasumber yang sangat menyesalkan adanya isu yang kurang baik dan bertanggung jawab semacam ini.

Semoga hiruk pikuk di jalan Amarta segera berakhir, seiring normalnya lalulintas dalam waktu dekat ini

Kadilajo, 19082018

By@kiss
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info