GUMREGAH DESWITA PANGGANG BANGUN AGROWISATA - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , , » GUMREGAH DESWITA PANGGANG BANGUN AGROWISATA

GUMREGAH DESWITA PANGGANG BANGUN AGROWISATA

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 11 September 2018 | 20.51


PANGGANG ~ Desa Panggang, kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten merupakan salah satu desa dari 13 desa yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman DI Yogyakarta dimana telah ditetapkan sebagai desa Wisata oleh pemerintah Kabupaten Klaten.

Menurut Kades Panggang, Nandang Nuryanto di wilayah desa Panggang memiliki cukup banyak potensi destinasi wisata baik alam maupun buatan diantaranya watu tiban, tebing breksi, Embung, Hidroponik serta Agrowisata.

Untuk Embung dibangun dengan sumber dana APBD Kabupaten Klaten tahun 2018, sedangkan Agrowisata yang tengah diimplementasikan merupakan konsep usaha pertanian terpadu di bangun di atas tanah seluas kurang lebih 6.000 meter persegi lokasinya strategis dipinggir jalan raya Kikis, 200 meter sebelah utara rumah tinggal Kades.

Dijelaskan Susi Hidroponik selaku ketua pokdarwis desa Panggang bahwa tujuan dibangunnya Agrowisata disamping pemberdayaan serta meningkatkan pendapatan masyarakat, juga kedepan diharapkan menjadi salah satu sumber pendapatan warga masyarakat agar tidak mengekploitasi sumber daya lahan khususnya penambangan galian golongan c yang cenderung berdampak buruk terhadap kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Kendati masa bakti Kades hampir berakhir, dimungkinkan Maret 2019 pilkades, tetapi spirit untuk meletakkan dasar basis pertumbuhan ekonomi masyarakat tak pernah pudar dan berhenti.

Aneka jenis usaha yang dirancang dalam Agrowisata diantaranya budidaya rusa, budidaya kambing dalam kandang panggung sejumlah 12 buah @ isi 3-4 ekor, sayuran Hidroponik, bank sampah organik, kios usaha, pembuatan gula kelapa  dan dilengkapi taman atas dukungan Bupati Klaten.

Pembangunan Agrowisata tengah berjalan dengan menyelesaikan pendopo, tempat parkir kendaraan, mushalla, akses jalan lingkungan serta persiapan kandang kambing serta penangkaran rusa.

Desa Panggang Gumregah ingin konsisten mewujudkan sebagai desa wisata yang handal dan sebagai triger pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mengakhiri perbincangan Susi Hidroponik Desapanggang yang alumni Fakultas Kehutanan dan magister bidang kepariwisataan UGM Yogyakarta itu mengatakan bahwa konsep pengembangan destinasi dan pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan sudah disiapkan kendati masih belum tercukupinya sumberdaya manusia yang kompeten dan kapabel.

Terkait dengan komitmen pembangunan serta pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya desa telah menyiapkan lahan seluas 11 hektare lebih untuk Taman Kehati atas dukungan pemerintah pusat cq Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Taman kehati atau arboretum ini diharapkan juga menjadi destinasi wisata pendidikan sekaligus memperkuat Panggang sebagai desa Wisata di Kabupaten Klaten.

By @kiss


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info