PATUK GUNUNGKIDUL DALAM KENANGAN - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » PATUK GUNUNGKIDUL DALAM KENANGAN

PATUK GUNUNGKIDUL DALAM KENANGAN

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 15 September 2018 | 18.44

Bersama Menhut Hasjrul Harahap 


PATUK GUNUNGKIDUL DI YOGYAKARTA

Sepenggal catatan pengalaman dan puncak  prestasi kinerja tak terlupakan sepanjang sejarah pengabdian panjang di Kabupaten Gunungkidul DIY dari 1978  - 2012

Tatkala bicara tentang desa  Serut ( dulu Patuk)  kecamatan Gedangsari Gunungkidul DIY tahun 1970 an terkenal dengan predikat Gunung Jambu ( klathak) sebagai destinasi wisata anak anak muda lokal , ada pengalaman unik yang tak pernah terlupakan

Ketika itu Bupatinya Pak Ir,  Soebekti Soenarto, bupati "gila"  lomba dan Penghijauan serta layak menyandang Bapak Kordinasi.

Sambil ceking kesiapan lomba ternak di rumah salah satu Kontak Tani =(pak Harto Wiyono) juga pingin lihat hasil gerakan penanaman Penghijauan dibukit Candi  yang cukup tinggi.

Oleh warga yang didapuk jadi pemandu  dikatakan bahwa penanaman bibit pohon Penghijauan hingga di puncak gunung berkategori kritis dan gundul . Ra mungkin pak Bupati ngecek  sampai atas (pengalaman selama ini pejabat cukup mengiyakan ) pikirnya.

Ternyata  diluar dugaan pak Bupati yang pernah menjabat kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batola Kalimantan Selatan itu menantang naik  bukit candi ngecek tanaman hebatnya sambil lari kecil.Semuanya cemas jangan jangan laporan yang disampaikan kelompok tani bohong alias ABS dan diatas gundul belum ada tanaman baru.

Bisa kena marah mulai kadis,  Camat, Lurah dan petugas Lapangan nya batinku agak dag dig dug, cemas.

Kuat juga ternyata pak Bupati mencapai puncak sementara para pejabat yang terpaksa ikut lainnya gobyoooos dengan nafas terengah engah sambil menunggu apa yang akan terjadi

Kejadian langka tak disangka dan sungguh sungguh terjadi  ini sekitar tahun 1991 saya waktu itu mewakili kepala cabang Sub Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah (RLKT) Opak Progo Kabupaten Gunungkidul kepanjangan tangan Departemen Kehutanan DIY  sekaligus selaku koordinator PLP kec Patuk.

Alhamdulillah tidak ada kata marah pak Bupati saat itu, yang ada motivasi agar petani mau menyadari dan mengadopsi teknologi RLKT pada lahan kering marginal dilereng lereng bukit agar menjadi hijau royo royo dan produktif

Akhirnya berkat komitmen beliau dibidang Penghijauan Gunungkidul selama masa baktinya lima tahun  prestasinya diatas angin selalu menyabet kejuaraan tingkat nasional.

Saya paling kiri bersama ka KTNA Nasional, 1991
Baik bagi kelompok tani Penghijauan maupun petugas Penyuluh Kehutanan yang ada, termasuk saya 1991 ditunjuk sebagai duta Penyuluh Kehutanan DIY untuk hadir dan temu wicara di Hari Pangan Sedunia di Karawang Jawa Barat bersama Presiden Soeharto

Kemudian tahun 1992 mewakili Penyuluh Kehutanan DIY ikut upacara Pekan Penghijauan Nasional (PPN)  XXXII - Hari Kesetiaankawanan Sosial Nasional (HKSN)  , temu  Penyuluh Kehutanan Nasional, dan lomba Pidato Penyuluh Kehutanan tingkat Nasional di Kabupaten Gorontalo, provinsi Sulawesi Utara.

Dalam agenda Pertemuan Nasional Penyuluh Kehutanan saya didaulat menjadi ketua Tim Perumus yang hasilnya dibacakan dan diserahkan secara langsung kepada Menteri Kehutanan Republik Indonesia Hasjrul Harahap sebagai bahan masukan pembuatan kebijakan penyuluhan Kehutanan secara nasional.

Piagam Penghargaan Juara 1 Tingkat Nasional 
Alhamdulillah, dalam lomba tersebut saya dapat berhasil menyabet juara 1 terbaik tingkat Nasional sehingga berhak memperoleh piagam, thropy dan uang pembinaan.

Semua ini berkat bimbingan, motivasi dan dukungan pimpinan serta semua pihak terkait untuk melaksanakan kredo dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Juara bukanlah menjadi tujuan, namun bisa jadi sebuah parameter dan indikator capaian kinerja dalam melaksanakan amanah sebagai bahan introspeksi diri menuju hari esok yang lebih baik.

By @kiss


Pidato di Gorontalo 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info