AYAH DAN GUNUNGKIDUL - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » AYAH DAN GUNUNGKIDUL

AYAH DAN GUNUNGKIDUL

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 30 Oktober 2018 | 07.04

Saya dan Ayahku ( 1969 ) 


" ......TERIMA KASIH AYAHKU DAN GUNUNGKIDUL.......  "

( sepenggal catatan perjalanan dan gemblengan di kawah candradimuka)

Masih saya ingat saat itu bulan September 1978..., 37 tahun silam.

Setelah lulus seleksi administrasi atas lamaran menjadi Petugas Lapangan Penghijauan (PLP) lewat pos di Bogor pada Dirjen Kehutanan Departemen Pertanian , saya mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta selama dua bulan bertempat di hutan pendidikan Wanagama 1 Kabupaten Gunungkidul.

Wanagama 1 tepatnya berada di Petak 5 hutan negara di desa  Banaran, kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul DIY.

Di kawah candradimuka Wanagama 1 inilah sekitar 30 orang terpilih dari berbagai daerah di Indonesia digembleng oleh Ibu Oemi Haniin Soeseno selaku penanggung jawab agar menjadi agen pembangunan sebagai ujung tombak dalam proyek Inpres Penghijauan lahan kritis.

Singkat cerita rampung diklat saya lulus tiga terbaik, pada urutan ke dua yang penempatannya bebas memilih di provinsi mana yang ada program rehabilitasi lahan kritis.

Di Kadisobo, Girimulyo, Panggang, 1978

Berbekal surat keputusan Menteri Pertanian RI tentang pengangkatan sebagai PLP saya ditempatkan di kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul DIY, terhitung mulai tanggal 1 September 1978 saya berusaha segera tunjuk muka pada Bupati Gunungkidul.

Saat menghadap Bupati Ir R Darmakum Darmokoesoemo di kabupaten yang terkenal tandus dan gersang kami  memperoleh pengarahan dari Pak Soedjatmo kepala bagian pembangunan setda didampingi  Pak Soegijo ,sesudah itu langsung mau tunjuk muka pada Camat Panggang ( Alm Soetojo ).

Perjalanan dari kota Wonosari hingga kantor kecamatan   Panggang ( 39 km ) ujung barat daya berbatasan dengan Kabupaten Bantul ,saya tempuh hampir 3 jam dengan sepeda motor CB Gelatik ,karena kondisi jalan tanah berbatu sangat jelek disamping itu belum hafal rute yang harus dilalui.

Jalan yang ditempuh dari kota Wonosari keselatan melewati  Kepek - Wareng - Karangasem - Paliyan - Hutan Sodong -Trowono -  Kepek - Jetis - Girisekar - Girimulyo - Giriharjo dimana kantor kecamatan berada.

Sampai kantor kecamatan ternyata kantor  sudah tutup  sehingga tidak ketemu pak Camat ,sehingga  harus kembali lain hari, sungguh perjalanan melelahkan.

Saya pulang atas saran penjaga kantor agar lewat bibal - nawungan - lanteng -siluk - imogori - jogja , masyaallah dalane jelek menurun , berkelok dan berbatu, lewat bulak yang kanan kirinya ada bukit batu kapur  gersang dan gundul, sungguh ngeri baru pertama kali melihat pemandangan seperti ini.

Sampai rumah sore hari ,belum hilang rasa lelah  ditanya ayahku gimana siap lanjut jadi PLP di Gunungkidul ? Saya dengan ragu mengatakan saya pikir-pikir pak ,kok kayaknya sangat berat....

Dengan bijak dan sabar ayahku mengatakan serta  memotivasi , jangan kalah sebelum bertanding nak , cobalah dulu barang sebulan - sukur setahun , barulah memutuskan.

Kemudian kata kata ayah itu berdampak hebat, bak memompa semangat untuk menghadapi tantangan muncul, lalu dengan mengucap bismillah saya mantap menjadi Petugas Lapangan Penghijauan ( PLP ) ,sebagai ujung tombak Dirjen Kehutanan, Departemen  Pertanian untuk memerangi lahan kritis dan yang dikemas dalam Program Penyelamatan Hutan ,Tanah dan Air ( PHTA ), yang saya pikir sangat menantang dan mulia.

Dan alhamdulillah , berkat dorongan ayahku dan rido Allah SWT saya mampu menjalankan tugas sebagai PLP yang ternyata menjadi pondasi kuat menghadapi berbagai tantangan dan persoalan dikemudian hari serta amanah lainnya yang lebih  besar hingga 34 tahun lamanya dengan baik dan selamat.

Berangkat dari nol besar bermula jadi pegawai proyek dilapangan wilayah kerjanya desa, kemudian koordinator kecamatan, koordinator tingkat BPP dengan cakupan sejumlah kecamatan hingga berada di Kabupaten.

Menjadi tenaga honorer delapan tahun, hingga diangkat CPNS kemudian PNS pusat merupakan perjuangan dan perjalanan panjang penuh tantangan.

Pengucapan sumpah jabatan 
Pernah menjadi pejabat fungsional, merangkap plh  pejabat struktural, merangkap pemimpin proyek merupakan salah satu seni dan ajang belajar manajemen secara langsung.

Ditambah mengikuti irama kepemimpinan sejumlah Bupati dari pak Darmakum Darmokoesoemo, Sosro Hadiningrat, Soebekti Soenarto, Harso Diningrat, pm, Soeharto, Sumpeno dan bu Badingah yang memberikan pencerahan dan dapat diambil hikmahnya.

Tercatat tinta emas sejumlah prestasi dari level Kabupaten hingga nasional, serta sejumlah kontribusi strategis terukir di lembar - lembar kenangan tak terlupakan.

Terima kasih , ayah K Harto Sukirno dan ibuku ( Alm ) , saudara-saudara ku , teman2 PLP , teman-teman kec Panggang dan semuanya yang telah menemaniku secara baik dan tulus hingga saya konsisten betah berlama-lama dibumi Gunungkidul - Handayani hingga purna tugas.

Dibumi Handayani saya banyak memperoleh hikmah dan pelajaran sangat berharga dalam hidup ini, terima kasih Gunungkidul kawah candradimuka dunia kerja yang telah mendewasakan dan membuat hidupku kian bemakna.

Klaten , 27 September 2015
Ditulis oleh

Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info