RASANYA DIPANGGIL PAK DARMAKUM DARMOKUSUMO BUPATI GUNUNGKIDUL - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » RASANYA DIPANGGIL PAK DARMAKUM DARMOKUSUMO BUPATI GUNUNGKIDUL

RASANYA DIPANGGIL PAK DARMAKUM DARMOKUSUMO BUPATI GUNUNGKIDUL

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 20 Desember 2018 | 04.20

Lambang Kabupaten Gunungkidul 

Gunungkidul, Pernahkah Anda dipanggil menghadap bupati?

Barangkali manakala akan mendapatkan reward pastinya perasaan senang dihati, namun jika sebaliknya sebab suatu masalah tentu takut dan was was yang dirasakan.

Pak Ir R Darmakum Darmokusumo menjabat bupati Gunungkidul era 1974 -  1984 merupakan bupati ke 20.

Beliau terkenal dengan sebutan bapak pembangunan kehutanan termasuk penanganan lahan kritis yang sangat luas di Kabupaten Gunungkidul kala itu.

Karena memang keahlian bupati yang satu ini di bidang Kehutanan, beliau adalah putera daerah yang bergelar Insinyur Kehutanan.

Ketenaran dan kewibawaan bupati di era orde baru tentu sangat jauh  berbeda bila dibandingkan dengan zaman pasca reformasi.

Sekitar bulan Maret 1980, proyek Inpres Penghijauan tahun anggaran 1979/1980 dengan jenis kegiatan pembuatan tanaman 400 batang per hektare diadakan evaluasi oleh institusi P3 RP DAS yang dipimpin oleh  pak Drs Yudastowo Mangunsarkoro  berkantor di Jl Argolubang Yogyakarta.

Khususnya desa Girimulyo, kecamatan Panggang hasil evaluasi nilainya kurang dari 35 % alias dinyatakan gagal.

Atas dasar hasil evaluasi ini Bupati yang saat itu bertanggung jawab langsung atas pengelolaan proyek Inpres Penghijauan di Kabupaten merasa kecewa sehingga memanggil Camat Panggang, Lurah desa Girimulyo dan PLP setempat selaku petugas teknis.

PLP Panggang Gunungkidul 1980 
Camat Panggang kala itu pak Soetojo, Sular Lurah Girimulyo dan saya selaku petugas lapangan penghijauan.

Untuk menghadap Bupati Ir Darmakum Darmokusumo di kantor bupati setda Kabupaten Gunungkidul di  kota Wonosari, berjarak  39 km dari kecamatan Panggang.

Kami bertiga tentu merasa punya beban dan pikiran tidak tenang serta  mencoba menebak - nebak apa yang akan terjadi, barangkali akan kena marah karena kegagalan proyek itu.

Argumentasi teknis sebagai biang  kegagalan proyek telah disiapkan komplit disertai data valid, dan kami pasrah apa yang akan terjadi.

Singkat cerita kami bertiga telah tiba di kantor Bupati lor Alun Alun Wonosari dan langsung diminta masuk di terima langsung oleh pak Darmakum seorang diri.

Sambutan beliau sangat berkesan adhem penuh wibawa, dengan prolog dijelaskan betapa pentingnya dan harapan keberhasilan upaya penghijauan lahan kritis di Gunungkidul kedepan.

Sebagai unsur produksi pertanian pangan lahan gundul dan kritis harus di rehabilitasi dan konservasi dengan Penghijauan.

Kemudian kami bertiga diminta menjelaskan kenapa proyek Penghijauan di Girimulyo dinilai gagal oleh P3 RP DAS.

Proyek Perencanaan dan Pelaksanaan Reboisasi dan Penghijauan Daerah Aliran Sungai (P3 RP DAS) kala itu yang memiliki kewenangan merencanakan lokasi serta penyiapan hingga droping bibit Penghijauan hingga di lokasi.

Inti persoalan penyebab kegagalan penanaman penghijauan adalah keterlambatan droping bibit hingga awal tahun 1980 sehingga curah hujan telah sangat kurang.

Dengan demikian kami bertiga dinilai telah melaksanakan tupoksi masing masing secara baik dan bertanggung jawab.

Selanjutnya kami diminta untuk melanjutkan gerakan Penghijauan dengan semangat dan kinerja yang lebih baik.

Sukur Alhamdulillah kami dengan perasaan lega tanpa beban pulang meninggalkan kantor bupati,untuk kembali melaksanakan tugas yang telah menunggu.

Barangkali tidak semua PLP Gunungkidul punya pengalaman sangat berharga seperti ini, bisa bertemu langsung dengan bupati yang sangat bijak dan Berwibawa.

Pak Ir R Darmakum Darmokusumo, sang pahlawan Penghijauan sejati.

Di review,
Klaten, 20 Desember 2018

By @kiss


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info