UMBUL NDLAJO DESTINASI WISATA AIR TERPADU SATU JANUARI DIUJI FUNGSI - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » UMBUL NDLAJO DESTINASI WISATA AIR TERPADU SATU JANUARI DIUJI FUNGSI

UMBUL NDLAJO DESTINASI WISATA AIR TERPADU SATU JANUARI DIUJI FUNGSI

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 01 Januari 2019 | 04.44


Kolam renang anak - anak Umbul Ndlajo 


Kadilajo, Kendati belum sesuai dengan target akhir tahun 2018 WWAKK yang dipopulerkan dengan nama " Umbul Ndlajo" dapat difungsikan sepenuhnya  namun setidaknya kolam renang anak - anak dapat diuji fungsi Selasa Legi, 1 Januari 2019.

Filosofi nomenklatur Umbul Ndlajo, umbul bukan secara harfiah umbul mata air yang mrempul tetapi umbul dalam bahasa Jawa bermakna "naik " dengan demikian Umbul Ndlajo dimaksudkan bahwa dengan dibangunnya WWAKK digadang Kadilajo bakal naik daun alias terkenal dan sukses dibidang pembangunan dan pemerintahan.

WWAKK - Umbul Ndlajo berlokasi di padukuhan Kadilajo 1 desa Kadilajo kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten 57483, bisa diakses via Googlemap.

Menurut Kadus 1 Suparja total dana terserap untuk membangun WWAKK - Umbul Ndlajo tahun kedua (2018) sebesar Rp 535.000.000,00 dari APBDesa Kadilajo 2018. 

Anggaran tahun perdana 2017 untuk land clearing, pondasi dan pembuatan pagar menyerap dana sekitar Rp 317.000.000,00

Tahun ketiga 2019 direncanakan minimal Rp 500.000.000,00 untuk menyelesaikan kolam renang dewasa, wahana permainan air di sungai, serta sarana dan prasarana penunjang seperti loket dan pintu gerbang, tempat parkir, kamar mandi bilas putra putri , toilet, gazebo , penerangan serta aksesori lainnya.
Suparja Kadus 1 Kadilajo 
Ketika kami melihat kondisi kolam anak - anak yang sudah penuh berisi air namun terlihat banyak daun jatuh kedalam kolam sehingga kotor. 

Terkait dengan hal ini Suparja menjelaskan bahwa telah negosiasi dengan pemilik pohon di pekarangan sebelah barat lokasi dan tinggal menunggu eksekusi dari tukang potong pohon yang potensial mengotori umbul Ndlajo kedepan. 

Konsep awal pengelolaan umbul Ndlajo beserta sejumlah bidang usaha diantaranya pengelolaan air minum eks Pamsimas kedepan akan diampu oleh BUMDes Kadilajo kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten. 

Umbul Ndlajo yang berada di antara dukuh Kalikajar dan Kadilajo, masuk padukuhan Kadilajo 1, sekitar 300 meter kidul pasar Kembang Kemalang, pinggir jalan raya Kemalang - Manisrenggo. 

Umbul Ndlajo di desain dan diharapkan menjadi ikon destinasi wisata air terpadu yang mampu berkontribusi peningkatan pendapatan asli desa (PADes) Kadilajo sehingga dapat membuka lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Visi Kadilajo Kampung Duren 
Umbul Ndlajo juga akan menjadi pusat kuliner jajanan khas ndeso menampung produk UMKM disamping sebagai pasar produk unggulan (duren) desa Kadilajo. 

Umbul Ndlajo diharapkan menjadi pusat perhatian dan pertumbuhan ekonomi Kadilajo dan sekitarnya. 

Dengan demikian menurut Suparja WWAKK - Umbul Ndlajo harus dikelola dengan baik dan profesional, oleh putra putri terbaik serta memiliki kompetensi serta dedikasi yang tinggi tuturnya. 

Ini semua tidak terlepas dari pembuat kebijakan pemerintah desa (Kades +BPD)  Kadilajo yang tanggap dan cepat melahirkan peraturan desa sebagai payung hukum bagi pengelola UMBUL Ndlajo. 

Semoga Allah SWT meridhoi 

Kadilajo, 1 Januari 2019 

By @kiss


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info