SEJARAH BERDIRINYA REMAJA ISLAM MASJID LAILATULQODAR KADILAJO - Karangnongko Information
Headlines News Klaten.Info :
Banner 1
banner2
Home » , » SEJARAH BERDIRINYA REMAJA ISLAM MASJID LAILATULQODAR KADILAJO

SEJARAH BERDIRINYA REMAJA ISLAM MASJID LAILATULQODAR KADILAJO

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 09 Februari 2019 | 20.57

Inisiator IPMK dan Penerus Rismala 

Kadilajo, Tepatnya tanggal 17 Januari  1984 saya selaku inisiator berdirinya  Ikatan Pemuda Pemudi Masjid Kadilajo ( IPMK ) yang bermarkas di Masjid Lailatulqodar ( MLQ ) Kadilajo di Kadus 1 desa Kadilajo kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten.

Sejak MLQ Kadilajo dibangun mulai bulan Juli  1967 dan diresmikan pada tanggal 10 Oktober 1967 oleh Bupati Klaten Soetijoso  belum ada organisasi remaja Islam di dalamnya.

Oleh karena itu kami menggagas adanya organisasi pemuda pemudi masjid sebagai wadah pembinaan dan pengembangan karakter guna menghadapi perkembangan zaman kedepan.

Kiswanto dan Wiyono Pengurus IPMK 
Kepengurusan IPMK saat berdiri dengan ketua Kiswanto, Tri Yuwono wakil ketua, sekretaris  Sutardjo A dan Dwi Mawarti serta Wiyono dan Kenik Yuni Rahayu sebagai bendahara.

Kegiatan IPMK meliputi dakwah, pengajian dan pengkajian ilmu keagamaan serta sosial kemasyarakatan dilingkungan Masjid Lailatulqodar Kadilajo.

IPMK gelar Pengajian 
Dakwah, pengajian dan pembinaan mental spiritual dilakukan dengan sasaran anggota IPMK dan juga umat Islam jamaah MLQ Kadilajo dan sekitarnya.

Di samping itu juga ada pembinaan dan pengembangan sosial ekonomi anggota IPMK dengan berbagai keterampilan berusaha.

Akibat perkembangan zaman dan adanya regenerasi kepengurusan pada tahun 1990 an diadakan reorganisasi baik dari nomenklatur maupun personal pengurusnya.

Logo Baru Rismala 
Nama IPMK diganti dengan Remaja Islam Masjid Lailatulqodar  ( Rismala ) Kadilajo.

Tokoh utama dalam reorganisasi itu diantaranya adalah Wuryanto Nursalim, Suroto, Sugino, Agus, Jari, Sofi dan kawan kawan.

Aktivitas Rismala juga berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Kiswanto dan Sugino 
Namun demikian mengingat pengurus dan anggota Rismala banyak yang exodus karena bekerja serta berdakwah diluar daerah maka Rismala sempat stagnan.

Namun demikian IPMK sebagai cikal bakal Rismala Kadilajo mempunyai catatan sejarah yang sangat berkesan, indah dan sukses sebagai wahana pengemblengan kader pemuda militan dibidang  sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Rismala Kadilajo juga memiliki logo baru yang kami rancang bangun sebagai bentuk penyempurnaan dari logo yang lama

Rismala kini telah berusia 35 tahun merupakan level usia dimana ibarat seseorang yang telah dewasa dan banyak pengalaman dalam suka duka berorganisasi.

Jasmerah

Jangan sekali kali melupakan sejarah.

By @kiss
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Klaten.Info
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Karangnongko Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info